Departemen Fisika IPB University Melakukan Physics Goes To School (PGTS) SMAN 3 Tangerang Selatan: Coacing Clinic Robotika

Pada 4 Maret 2020, Departemen Fisika IPB University melakukan kegiatan Physics Goes To School (PGTS) di SMA Negeri 3 Tangerang Selatan. Kegiatan PGTS ini diiukuti oleh siswa-siswi kelas 11 dari SMAN 3 Tangerang Selatan dan perwakilan siswa dari berbagai sekolah (SMA dan MA) di Tangerang Selatan. Hadir pada kegiatan PGTS ini Ketua Departemen Fisika IPB University, Dr. Akhiruddin Maddu, Plt Kepala SMAN 3 Tangerang Selatan, Dra. Aan Siri Analih, dan Drs. Sidikrubadi Pramudito, M.Si sebagai Kepala Lab Fisika Dasar PPKU IPB University, serta guru-guru fisika se-Kota Tangerang Selatan. Juga hadir dua orang laboran/teknisi Laboratorium Fisika Dasar dan Labratorium Fisika Lanjut Departemen Fisika IPB University. Selain itu sebanyak 21 orang mahasiswa fisika juga ikut dalam kegiatan PGTS kali ini .

Dosen dan Mahasiswa Fisika IPB yang berpartisipasi dalam Physics Go To School

Pada PGTS ini diadakan Coaching Clinic Robotika bagi siswa-siswi SMA/MA yang berasal dari berbagai sekolah di Kota Tangerang Selatan. Coaching clinic robotika ini dipandu oleh 10 orang mahasiswa fisika dari komunitas Physcics Research Club (PRC) Departemen Fisika IPB University. Dalam coaching clinic ini para siswa diberi pengetahuan dasar tentang robotika, khususnya robot line follower. Para siswa diberi pengenalan tentang prinsip dasar robot line follower mulai dari komponen dan fungsinya hingga melakukan pemprograman (coding) robot line follower sampai bisa berfungsi. Para siswa sangat antusias dan aktif mengikuti coaching clinic robotika yang diberikan oleh mahasiswa fisika IPB University dari komintas Physics Research Club (PRC). Selain coacing clinic, juga diadakan expo terbatas yang memperkenalkan produk teknologi yang telah dihasilkan oleh komunitas PRC, diantaranya berbagai jenis robot (seperti robot menari dan robot laba-laba) dan beberapa instrumen.

Pada PGTS ini juga dilakukan sosialisasi dan pengenalan IPB University tentang fakultas/sekolah dan keunggulan program-program studinya termasuk jalur masuk di IPB University. Ketua Departemen Fisika, Dr. Akhiruddin Maddu menyampaikan program-program kerja dan capaian-capaian serta keunggulan-keunggulan Departemen Fisika IPB University dalam mengelola program sarjana fisika di IPB University. Akhiruddin Maddu menyampaikan bahwa Departemen Fisika mengemban misi mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang profesional dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Departemen Fisika telah memberikan kontribusi nyata dalam mengembangkan sumberdaya manusia di bidang sains dan teknologi, khususnya keilmuan fisika dan aplikasinya. Berbagai prestasi telah dicapai oleh sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa fisika IPB University“, kata Akhiruddin Maddu.

Plt Kepala SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan dan Ketua Departemen Fisika IPB

Plt Kepala SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan, Dra. Aan Sri Analiah, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan PGTS yang dilaksankaan oleh Departemen Fisika IPB University. Ia sangat terkesan dan merasa terhormat mendapat kunjungan dari perguruan tinggi sekelas IPB University, khususnya kegiatan coaching clinic yang diadakan oleh mahasiswa Departemen Fisika IPB University. Ia berharap para siswa dapat memperoleh banyak informasi tentang pendidikan di IPB University beserta keunggulan dan reputasinya serta pengetahuan dan wawasan baru dalam kegiatan PGTS ini. “Pihak SMA Negeri 3 Kota Tangerang Selatan merasa terhormat dikunjungi IPB University yang merupakan perguruan tinggi level atas di Indonesia dan memiliki reputasi yang sudah tidak diragukan lagi terutama dalam bidang pertanian sehingga patut menjadi pilihan untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi khususnya di bidang pertanian”, kata Ibu Aan Sri Analiah.

Coaching Clinic robotika

Selamat kepada tiga dosen Departemen Fisika IPB yang yang karyanya telah lolos dalam 111 Inovasi Indonesia Paling Prospektif Tahun 2019 versi Business Innovation Center (BIC)

  1. Inventor : Dr. Siti Nikmatin (Dept. Fisika IPB) dengan  judul  “Serat Tandan Kosong Kelapa Sawit Nonwoven sebagai Material Biokomposit Anti Peluru” 
  2. Inventor : Dr. Yessie Widya Sari, Dr. Akhiruddin, dan Angga Saputra (Dept. Fisika IPB) dengan judul “Nano Hidroksiapatit sebagai Material Implan Tulang dan Gigi dari Cangkang Telur Bebek”
  3. Inventor : Dr. Laksmi Ambarsari, Imelia Dewi (Dept. Biokimia, IPB) dan Dr. Akhirudin (Dept. Fisika IPB) dengan judul KE- CELL : Kulit Keprok (Citrus reticulata) Ecoenzyme Fuel Cell dan Potensinya sebagai Energi Terbarukan di Indonesia”

Source: http://dik.ipb.ac.id/selamat-kepada-inovator-ipb-yang-lolos-dalam-111-inovasi-indonesia-2019-versi-bic/

Selamat kepada Kontingen Departemen Fisika yang memperoleh Juara Umum bidang olahraga pada SPIRIT 2020

Sport Competition and Art Festival on MIPA Faculty (SPIRIT) merupakan event tahunan yang diadakan oleh BEM FMIPA IPB untuk mengasah kemampuan dan kreativitas di semua depertemen FMIPA dalam bidang Olahraga (11 cabang olahraga) dan Seni (14 bidang seni). Tema yang diangkat tahun ini adalah “Science Fiction” yang diadakan selama 23 hari dari tanggal 1-23 Februari 2020. Event ini dilangsungkan di tiga tempat berbeda yakni Gymnasium IPB, GOR Lama, dan Kolam Renang Padjajajran.
Departemen Fisika memperoleh Juara Umum bidang olahraga dengan memperoleh 7 medali emas, 4 medali perak, dan 3 medali perunggu dengan rincian sebagai berikut.
Medali Emas: Futsal putra, Futsal Putri, Voly putri, Renang putra, Tenis Meja, Sprint (100 meter) putri, dan Lompat jauh putri
Medali perak: Bulu tangkis, Estafet (4×100 meter) putri, Lompat jauh putra, dan marathon putra
Medali perunggu: Voly putra, Estafet (4×100 meter) putra, dan sprint (100 meter) putra.

Team renang putra

Untuk bidang Seni, Departemen Fisika hanya memperoleh peringkat tiga dari delapan departemen yang berpartisipasi.
Sementara itu, lomba desain poster (salah satu bidang Seni yang diperebutkan) memperoleh juara favorit yang memperoleh like terbanyak di Instagram.

Juara 1 tenis meja

Selain dari prestasi Fisika dibidang Olahraga dan Seni SPIRIT 2020 Departemen Fisika juga mendapat juara 2 Best Suporter. Dimana Best Suporter didapatkan berdasarkan kekompakkan dan kreativitas para Suporter Fisika pada SPIRIT 2020. Nama Tim Suporter Fisika untuk SPIRIT adalah Einstein Mania yang memiliki instagram @einstein_mania yang dimana berisi Hasil Pertandingan, Foto dokumentasi dan jadwal pertandingan.

“Kreativitas dan kemampuan mahasiswa Fisika dapat lebih ditingkatkan melalui event ini terutama bidang olahraga. Bidang olahraga memperoleh peningkatan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya yakni dari peringkat 6 ke juara umum. Dan hal ini sangat membanggakan karena sangat didukung oleh semangat partisipasi yang sangat besar oleh civitas akademika di Fisika”, Bambang Prihatmoko Putra (Ketua Departemen Personal Improvement Himafi 2019/2020 dan Ketua Einstein Mania 2019/2020). Selain itu, Bambang juga berharap dukungan dari Departemen Fisika dapat ditingkatkan untuk mendukung pelaksanaan SPIRIT di tahun-tahun selanjutnya.


Selamat atas prestasi yang membanggakan Kotingen Fisika di SPIRIT 2020.

Departemen Fisika IPB University Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi Bagi siswa SMK Budiniah, Citeureup Kabupaten Bogor

Departemen Fisika IPB University menerima kunjungan SMK Budiniah, Citeureup Kabupaten Bogor pada 13 Februari 2020. Dalam kunjungan ini para siswa mendapatkan coaching clinic tentang Robotika dan Internet of Things (IOT) yang disampaikan oleh Tim Physics Research Club (PRC), Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) dan tenaga kependidikan (Laboran/Teknisi Laboratorium Fisika Lanjut). Pada coaching clinic ini didemonstrasikan alat Lampu IoT, yaitu lampu yang telah dimodifikasi yang terkoneksi dengan internet sehingga dapat dinyalakan dan dimatikan dengan memanfaatkan koneksi internet. Beberapa orang siswa mencoba mengoperasikan secara langsung Lampu IoT tersebut. Dalam coaching clinic ini juga diperkenalkan beberapa jenis robot hasil inovasi/kreasi mahasiswa fisika dari Tim Physics Research Club (PRC). Tim PRC memaparkan prinsip kerja robot dan lampu IoT yang telah dibuat, mula-mula dijelaskan tentang komponen-komponen robot dan fungsinya masing-masing, demikian juga dijelaskan komponen-komponen dan prinsip kerja Lampu IoT. Para siswa sangat antusias menerima pengetahuan baru tentang teknologi robotika dan Internet of Things (IoT), bahkan para siswa tertarik untuk mempelajari dan mendalami teknologi robotika dan IoT untuk dikembangkan sebagai ekstrakulikuler di sekolah.

Coaching clinic IoT dan Robotika

Selain coacing clinic robotika dan IoT, dalam kunjungan ini juga disosialisasikan kepada siswa tentang IPB University meliputi keunggulan-keunggulan IPB University serta perannya dalam membangun pertanian di Indonesia, selain itu juga disosialisaikan tentang fakultas/sekolah dan program-program studi yang ada di dalamnya. Dalam sosialisasi ini Juga diperkenalkan jalur penerimaan mahasiswa baru di IPB University khususnya jalur mandiri seperti jalur BUD (Beasiswa Utusan Daerah), jalur prestasi (PIN), dan jalur Ketua OSIS. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ketua Departemen Fisika IPB University, Dr. Akhiruddin Maddu, M.Si.  Secara khusus Dr. Akhiruddin Maddu juga menyampaikan program-program kerja dan capaian-capaian serta keunggulan-keunggulan Departemen Fisika IPB University dalam mengelola program sarjana fisika di IPB University dengan misi mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang profesional dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala SMK Budiniah, Moch. Nanang Mahfudzi, S.Pd.I sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Departemen Fisika IPB University atas pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh kepada siswa-siswi SMK Budiniah Citureup, Kabupaten Bogor. Ia berharap Departemen Fisika IPB University dapat bekerjasama lebih lanjut dengan SMK Budiniah Citeurep, Kabupaten Bogor untuk membina siswa-siswa dalam bidang robotika dan teknologi komunikasi untuk meningkatkan literasi dan keterampilan siswa dalam bidang teknologi, khususnya teknologi robotika dan teknologi komunikasi. Beliau juga berpesan kepada siswa-siswa SMK Budiniah untuk sesalu berupaya meningkatkan literasi dan keterampilannya dengan senantiasa mencari sumber-sumber pembelajaran seperti berkunjung ke perguruan tinggi seperti IPB University. Ketua Departemen Fisika IPB University mengatakan bahwa Departemen Fisika IPB University selalu terbuka untuk menerima dan memfasilitasi siswa-siswa untuk mengembangkan kompetensinya dan meningkatkan literasinya terkait sains dan teknologi.

Penyerahan cinderamata dari Kepala Sekolah SMK Budiniah