Orasi Pengukuhan Guru Besar Fisika IPB, Prof. Dr. Husin Alatas, S.Si M.Si

Tanggal 05 Mei 2018 menjadi hari bersejarah bagi Departemen Fisika IPB dengan dikukuhkannya Prof.Dr.HusinAlatas, S.Si, M.Si sebagai Guru Besar Fisika Pertama di IPB. Orasi pengukuhan Guru Besar Prof. Husin dilaksanakan di Auditorium Andi Hakim Nasoetion dengan judul orasi :FISIKA DAN PARADIGMA KOMPLEKSITAS SERTA PERANNYA MENUJU KEILMUAN TRANSDISIPLIN.

Semoga Fisika IPB makin JAYA !!!

ONMIPA 2018, here we come !!!

Di tahun 2018 ini Program Studi Fisika IPB berhasil meloloskan 3 orang mahasiswanya untuk mengikuti babak Final ONMIPA 2018 yang diadakan di UMM Malang tanggal 04 s.d 07 Mei 2018. Ketiga orang tersebut adalah Muhammad Ahyad, Sindi Yulia Wibowo, dan Nugrah Abil Akbar. Satu lagi mahasiswa dari Program studi Meteorologi Terapan, Muhammad Reyhan Respati. Tahun lalu kontingen ONMIPA Fisika IPB berhasil merebut medali perak atas nama Muhammad Ahyad, diharapkan tahun ini prestasi yang lebih baik dapat direngkuh. Go Physics Go !!!

Wow Keren, 13 proposal PKM Mahasiswa Fisika IPB didanai Kemenristekdikti. Yang terbanyak lho di IPB

Mahasiswa Departemen Fisika IPB berhasil meloloskan 13 Tim PKM (Program KreativitasMahasiswa) untuk didanai oleh Kemenristekdikti. Jumlah Proposal yang didanai ini adalah yang terbanyak dibandingkan program studi lain di IPB. Total proposal dari IPB yang didanai adalah 140 proposal. Tahun 2017 Mahasiswa Fisika IPB berhasil meloloskan 7 Tim (proposal) untuk didanai oleh Kemenristek dikti serta meloloskan 3 tim ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dan memperoleh 2 medali perak dan 1 medali perunggu presentasi serta satu medali emas untuk poster serta satu poster favorit.

Kunjungan ke SMAN 1 Jonggol; Physics Goes To Schools

Fisika IPB sedang beraktivitas dimana ???……di Jonggol

Departemen Fisika melakukan Kegiatan PGTS (Physics Goes To School) ke SMAN 1 Jonggol Kabupaten Bogor pada tanggal 19 April 2018. Kegiatan ini diisi dengan silaturahmi dan sharing pengajaran Fisika antara para guru dan dosen Fisika IPB, diikuti kegiatan demo eksperimen fisika serta pelatihan robotika bagi para siswa SMAN 1 Jonggol. Para siswa dan guru terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini sejak pagi hari hingga selepas siang hari. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama. Untuk SMA lain yang berminat untuk didatangi kegiatan PGTS di masa mendatang silakan menghubungi Departemen Fisika IPB melalui nomor kontak di website fisika IPB di  http ://www.physics.ipb.ac.id

Peningkatan Kapasitas Guru Fisika di kota Bogor 2018. Majulah Fisika Bogor !!!

Pada 19 Februari 2018 Departemen Fisika IPB bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kota Bogor mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 an guru Fisika SMA/MA se-kotaBogor. Acara meliputi pengenalan Departemen Fisika beserta fasilitas labnya, sharing pengalaman antara guru dan dosen terkait metode pembelajaran Fisika mutakhir, serta identifikasi problem konseptual dalam pengajaran fisika tingkat SMA/MA di kota Bogor