Departemen Fisika IPB University Meningkatkan Literasi Sains dan Teknologi Bagi siswa SMK Budiniah, Citeureup Kabupaten Bogor

Departemen Fisika IPB University menerima kunjungan SMK Budiniah, Citeureup Kabupaten Bogor pada 13 Februari 2020. Dalam kunjungan ini para siswa mendapatkan coaching clinic tentang Robotika dan Internet of Things (IOT) yang disampaikan oleh Tim Physics Research Club (PRC), Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI) dan tenaga kependidikan (Laboran/Teknisi Laboratorium Fisika Lanjut). Pada coaching clinic ini didemonstrasikan alat Lampu IoT, yaitu lampu yang telah dimodifikasi yang terkoneksi dengan internet sehingga dapat dinyalakan dan dimatikan dengan memanfaatkan koneksi internet. Beberapa orang siswa mencoba mengoperasikan secara langsung Lampu IoT tersebut. Dalam coaching clinic ini juga diperkenalkan beberapa jenis robot hasil inovasi/kreasi mahasiswa fisika dari Tim Physics Research Club (PRC). Tim PRC memaparkan prinsip kerja robot dan lampu IoT yang telah dibuat, mula-mula dijelaskan tentang komponen-komponen robot dan fungsinya masing-masing, demikian juga dijelaskan komponen-komponen dan prinsip kerja Lampu IoT. Para siswa sangat antusias menerima pengetahuan baru tentang teknologi robotika dan Internet of Things (IoT), bahkan para siswa tertarik untuk mempelajari dan mendalami teknologi robotika dan IoT untuk dikembangkan sebagai ekstrakulikuler di sekolah.

Coaching clinic IoT dan Robotika

Selain coacing clinic robotika dan IoT, dalam kunjungan ini juga disosialisasikan kepada siswa tentang IPB University meliputi keunggulan-keunggulan IPB University serta perannya dalam membangun pertanian di Indonesia, selain itu juga disosialisaikan tentang fakultas/sekolah dan program-program studi yang ada di dalamnya. Dalam sosialisasi ini Juga diperkenalkan jalur penerimaan mahasiswa baru di IPB University khususnya jalur mandiri seperti jalur BUD (Beasiswa Utusan Daerah), jalur prestasi (PIN), dan jalur Ketua OSIS. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ketua Departemen Fisika IPB University, Dr. Akhiruddin Maddu, M.Si.  Secara khusus Dr. Akhiruddin Maddu juga menyampaikan program-program kerja dan capaian-capaian serta keunggulan-keunggulan Departemen Fisika IPB University dalam mengelola program sarjana fisika di IPB University dengan misi mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang profesional dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala SMK Budiniah, Moch. Nanang Mahfudzi, S.Pd.I sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Departemen Fisika IPB University atas pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh kepada siswa-siswi SMK Budiniah Citureup, Kabupaten Bogor. Ia berharap Departemen Fisika IPB University dapat bekerjasama lebih lanjut dengan SMK Budiniah Citeurep, Kabupaten Bogor untuk membina siswa-siswa dalam bidang robotika dan teknologi komunikasi untuk meningkatkan literasi dan keterampilan siswa dalam bidang teknologi, khususnya teknologi robotika dan teknologi komunikasi. Beliau juga berpesan kepada siswa-siswa SMK Budiniah untuk sesalu berupaya meningkatkan literasi dan keterampilannya dengan senantiasa mencari sumber-sumber pembelajaran seperti berkunjung ke perguruan tinggi seperti IPB University. Ketua Departemen Fisika IPB University mengatakan bahwa Departemen Fisika IPB University selalu terbuka untuk menerima dan memfasilitasi siswa-siswa untuk mengembangkan kompetensinya dan meningkatkan literasinya terkait sains dan teknologi.

Penyerahan cinderamata dari Kepala Sekolah SMK Budiniah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *