IPB Physics Talk Perdana Menghadirkan Pakar Plasmon Fisika UI

Departemen Fisika IPB mulai tahun 2021 akan rutin meyelenggarakan rangkaian kuliah umum dwi-mingguan secara daring (webinar) dengan nama IPB Physics Talk. Pada webinar ini dihadirkan pakar Fisika dari dalam dan luar negeri untuk memberi wawasan bagi sivitas departemen Fisika IPB dan masyarakat umum terkait perkembangan termutakhir dari ilmu fisika dan aplikasinya di berbagai bidang. Acara ini diselenggarakan secara daring menggunakan fasilitas Zoom serta disiarkan secara langsung (online streaming) di kanal youtube Departemen Fisika IPB di link berikut: (https://www.youtube.com/channel/UCILDmVX_NAnDaq1At6fUecQ ).

Edisi perdana (The 1st IPB Physics Talk) pada  hari kamis 8 April 2021, dihadirkan pakar fisika teori di bidang materi terkondensasi (Condensed matter Physics) dari Universitas Indonesia, yaitu Muhammad Aziz Majidi, Ph.D. Beliau memaparkan penelitian terbarunya dengan topik “Unconventional Plasmons: Concept and Possible Application”. Acara ini dimoderatori oleh Rima Fitria Adiati, M.T yang merupakan dosen muda dari Departemen Fisika IPB. Webinar ini tidak hanya dihadiri sivitas Departemen Fisika IPB saja, namun dihadiri juga oleh dosen dan mahasiswa dari universitas lain serta kalangan umum/masyarakat luas.

Agenda utama diawali dengan pemaparan materi oleh Bapak M. Aziz Majidi, Ph.D dan diakhiri dengan sesi tanya jawab serta penyerahan sertifikat kepada pemateri. Pada kesempatan ini, pemateri memaparkan tentang penjelasan umum tentang plasmon dan jenis-jenisnya, surface plasmon polariton (SPP), localized surface plasmon resonance (LSPR), plasmon jenis baru Strontium Niobate Oxide (SrNbO3+x) dan teori-teori yang menyertainya. Plasmon merupakan gerak osilasi kolektif dari elektron dengan latar belakang ion positif. Gerakan tersebut umumnya diinduksi oleh berkas laser berfrekuensi tinggi sehingga merupakan salah satu realisasi interaksi fotonik pada skala nano. Selain itu, pemateri juga menjelaskan mengapa unconventional plasmons sangat menarik untuk dipelajari. Dalam kesempatan ini pemateri juga membuka peluang kerjasama penelitian antara Fisika UI dan Fisika IPB dalam bidang teori dan penerapan plasmon dalam berbagai bidang. Di akhir sesi, dilakukan penyerahan sertifikat apresiasi sebagai ucapan terima kasih oleh Kepala Divisi Fisika Teori IPB, Prof. Dr. Husin Alatas selaku perwakilan Departemen Fisika.

“Semoga physics talk ini terus diadakan secara rutin sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan membuka peluang kerjasama antar perguruan tinggi”, ujar salah satu peserta, Dr. Hendradi Hardienata, M.Si (Dosen Fisika IPB University).

Terima kasih atas kerja keras tim physics talk dalam menyelenggarakan webinar ini.

Nantikan IPB Physics Talk selanjutnya dengan topik-topik yang tidak kalah menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *