Fisika IPB Berduka

Pada hari Senin, 4 Januari 2021, Departemen Fisika berduka karena kehilangan salah seorang dosen terbaiknya dan salah satu the founding fathers (pendiri) Jurusan (sekarang Departemen) Fisika di Institut Pertanian Bogor yakni Bapak Dr. Ir. Kiagus Dahlan, M.Sc.

Almarhum Bapak Dr. Ir. Kiagus Dahlan, M.Sc saat berpulang masih menjabat sebagai Kepala Unit Laboratorium Riset Unggulan (Advanced Research Laboratory ) IPB dan Kepala Divisi Biofisika di Departemen Fisika. Sebelumnya beliau adalah mantan Kajur/Kadep Fisika IPB (1997-2007) serta Wakil Dekan FMIPA IPB (2007-2018), Direktur Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa baru (2018-2019). Beliau merupakan sosok dosen teladan yang paripurna dan aktif dalam berbagai hal baik sebagai dosen, peneliti, administrator, dan juga seorang ustadz yang penuh nasihat dan taushiyah.

Di dalam kelas beliau dikenal sangat interaktif dan fun dalam mengajarkan ilmu fisika di kelas melalui contoh-contoh riil terkait kehidupan sehari-hari serta penuh nasihat kebaikan dalam memberikan kuliah di kelas. Sebagai peneliti beliau dikenal sebagai innovator yang unggul, terutama dalam mengembangkan biomaterial berbasis bahan alam, termasuk diantaranya tulang dan gigi buatan untuk aplikasi biomedis.

Semoga amal bakti beliau kepada kemajuan IPB (terutama FMIPA dan Fisika IPB) diterima Allah SWT sebagai amal jariyah yang tidak ada putus-putusnya, dan beliau diampuni segala kesalahannya, serta keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan. Fisika IPB sangat kehilangan beliau, semoga sosok dan keteladanan beliau dapat terus hidup dan menginspirasi kita semua untuk selalu bekerja ikhlas dan memberikan yang terbaik bagi nusa bangsa.

Source: Tony Sumaryada

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *