Sains dan teknologi merupakan dua kata yang saling terkait. Sains mempelajari fenomena/cara kerja alam semesta dan aplikasinya sedangkan teknologi mempelajari aplikasi sains untuk tujuan komersil dan industri. Fisika merupakan salah satu cabang sains yang berkontribusi terhadap perkembangan teknologi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, FMIPA IPB yang dahulu bernama Fakultas Ilmu-Ilmu Dasar Kealaman dan Matematika membentuk Departemen Ilmu Pengetahuan pada tahun 1950 untuk memperkuat disiplin keilmuan dasar. Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dibentuklah Program Studi Fisika yang diasuh oleh Jurusan Geofisika dan Meteorologi. Selanjutnya, pada tanggal 2 Oktober 1996 Program Studi Fisika dialihkan dari Jurusan Geofisika dan Meteorologi ke Jurusan Fisika.

Departemen Fisika FMIPA IPB resmi dibentuk pada tanggal 25 September 1997 sesuai SK Dirjen Dikti No. 380/DIKTI/Kep/1997 dengan nama Jurusan Fisika. Dengan adanya PT BHMN IPB, Jurusan Fisika selanjutnya berubah nama menjadi Departemen Fisika pada tahun 2004. Seiring dengan pengembangan keilmuan, pada 29 Maret 2006, Departemen Fisika membuka Program Studi S2 Biofisika melalui SK Rektor IPB No. 037/KI3/OT/2006. Program Studi S1 Fisika telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT sejak tahun 2011, sedangkan program studi S2 Biofisika memperoleh akreditasi A sejak tahun 2017.

Departemen Fisika memiliki 3 bagian, yaitu Bagian Fisika Teori, Bagian Biofisika, dan Bagian Fisika Terapan. Bagian-bagian ini berperan dalam pengembangan keilmuan fisika dengan mengkoordinir kegiatan pendidikan dan penelitian sesuai mandat yang diberikan. Bagian-bagian ini juga menjadi pintu untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Ketiga bagian ini berperan aktif dan telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan keilmuan fisika di IPB.

Kegiatan penelitian yang cukup intens dan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional yang dihasilkan oleh dosen-dosen Departemen Fisika menunjukkan kontribusi nyata Departemen Fisika pada pengembangan keilmuan fisika. Kontribusi lain juga dapat dilihat pada kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan teknologi teknologi sederhana bagi masyarakat. Kerjasama juga telah dilakukan dengan sekolah-sekolah menengah (SMP dan SMA) dalam pengajaran fisika.