Fasilitas Kampus IPB

Fasilitas kampus IPB disediakan untuk mendukung pembelajaran dan kehidupan sehari-hari mahasiswa. Fasilitas tersebut diantaranya:

Perpustakaan

Perpustakaan IPB menyediakan berbagai layanan seperti (1) sirkulasi; (2) penelusuran informasi; (3) foto kopi; (4) scaning dokumen; (5) pengecekan plagiarisme dan (6) memberikan tutorial kepada para pengguna perpustakaan tentang literasi informasi dalam kelas-kelas tertentu. Untuk itu Perpustakaan IPB buka dari Senin-Jum’at dari jam 08.00 – 21 00 dan hari Sabtu 08.00-16.00. Serta layanan 24 jam untuk koleksi online Perpustakaan IPB lewat Web Perpustakaan dengan URL: perpustakaan.ipb.ac.id

Student Service Center /Pusat Layanan Informasi

Student Service Center (SSC) merupakan unit pelayanan administrasi pendidikan dan kemahasiswaan. Beroperasi sejak 1 Februari 2019, SSC menyediakan 35 layanan baik online maupun offline seperti pembuatan terjemahan ijazah dan transkrip, surat keterangan, pengajuan pendanaan kegiatan, dll.

Stasiun Riset/ Stasiun Lapang

Stasiun lapang merupakan penunjang kegiatan Tri Dharma Perguruan tinggi. Fasilitas tersebut berupa kebun, padang gembalaan, kolam, stasiun lapang
keluatan, dan hutan pendidikan. IPB memiliki aset fisik berupa kebun yang sangat luas dan tersebar di berbagai daerah serta berada pada ketinggian dan agroklimat yang berbeda-beda. Hal tersebut memberikan keuntungan besar bagi kepentingan pendidikan, karena IPB dapat memberikan pembelajaran kepada mahasiswa dengan berbagai komoditas yang sesuai dengan lingkungan.

Akomodasi

Fasilitas akomodasi untuk tamu yang berkunjung ke IPB antara lain IPB Convention Hotel yang terletak di Jantung Kota Bogor, Wisma Landhuis, Amarilis, dan Asrama Internasional terletak di kampus IPB Dramaga, dan Taman Kencana Guest House terletak di daerah Taman Kencana Bogor.

Transportasi Kampus

Terdapat fasilitas bus dan sepeda kampus untuk mendukung motto IPB Green Campus. Bus kampus beroperasi di Kampus IPB Dramaga dengan 3 koridor. Sepeda kampus dapat dipinjam dengan menggunakan kartu mahasiswa IPB dan tersedia jalur-jalur khusus sepeda didalam kampus.

Laboratorium Kimia Terpadu

Laboratorium Kimia Terpadu dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Terpadu IPB. Laboratorium ini melayani kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain melayani kebutuhan internal, Laboratorium Terpadu juga melayani masyarakat umum lainnya dalam lima (5) divisi pelayanan yaitu Divisi Jasa Layanan Laboratorium, Divisi Pelatihan dan Layanan Pendidikan, Sertifikasi, Divisi Penelitian dan Pengembangan dan Divisi Halal Science Center.

Pelatihan Bahasa

Pelatihan bahasa di IPB dikelola oleh Unit Pelatihan Bahasa. Unit ini memberikan pelayanan kegiatan pelatihan bagi mahasiswa, dosen, staf administrasi, dan masyarakat umum dalam pelatihan bahasa yang dilakukan meliputi Bahasa Inggris, Jepang, Arab, Jerman, Perancis, Mandarin, Korea, dan Turki. Sarana yang dimiliki oleh Unit ini diantaranya adalah 2 (dua) laboratorium bahasa yang mempunyai peralatan penunjang modern dengan kapasitas masing masing 30 dan 36 orang.

Asrama Mahasiswa PPKU

IPB menyediakan fasilitas asrama putra dan putri. Asrama PPKU (Program Pendidikan Kompetensi Umum) diperuntukkan bagi mahasiswa baru yang memang wajib tinggal di asrama selama tahun pertama kuliah. Asrama PPKU terdiri atas sepuluh gedung asrama dengan kapasitas total 4008 tempat tidur.

Gedung Common Classroom

Gedung Common Classroom atau Gedung CCR terletak di Jl. Meranti Kampus IPB Darmaga dan merupakan gedung perkuliahan utamanya bagi mahasiswa PPKU. Gedung CCR memiliki 21 ruang kuliah berkapasitas 135 orang, 5 ruang kuliah berkapasitas 180 orang, dan sebuah auditorium berkapasitas 600 orang. Di gedung berlantai dua ini berkantor Sekretariat Program pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) dan Tim Bimbingan Konseling IPB. Di belakang Gedung CCR terdapat Musholla Ulil Albaab.

Gedung Teaching Laboratory

Gedung Teaching Laboratory atau Gedung TL terletak di Jl. Meranti Kampus IPB Darmaga berseberangan dengan Gedung CCR. Seperti namanya, gedung dua lantai ini merupakan laboratorium pendidikan khususnya bagi mahasiswa PPKU yang terdiri atas Laboratorium Biologi, Laboratorium Fisika, dan Laboratorium Kimia, selain 7 ruang kuliah berkapasitas 70, 98, dan 135 orang.

Olahraga, Seni dan Agroedutorism

Fasilitas dan kegiatan olahraga dan seni untuk warga IPB dikelola oleh Unit Olahraga, Seni (Unit Orsen) dan Agroedutorism yang didirikan dalam rangka menunjang minat mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat di bidang olahraga dan seni.

Fasilitas yang dikelola oleh unit ini adalah lapangan olahraga di Gelora/Gymnasium berupa stadion sepakbola, atletik, futsal, bola voli, bola basket, badminton, fitness, beladiri, tenis meja, dan di GOR meliputi lapangan badminton, tenis lapangan, bola voli, bola basket, softball, sepeda, dan lain-lain. Sarana kesenian berupa lapangan indoor dan lapangan outdoor serta perangkat band, paduan suara, kesenian daerah dan nasional yang dikelola UKM bidang Seni.

Agroedutourism (Wisata Pendidikan Pertanian) adalah kegiatan wisata untuk tujuan studi yang dapat memperluas pengalaman, rekreasi, dan pengetahuan tentang alam dan teknologi pertanian melalui ilmu-ilmu pertanian dalam cakupan luas. IPB memiliki beberapa fasilitas agroedutourism yang banyak menarik minat masyarakat diantaranya

a) Kebun Percobaan Cikabayan
b) Museum Serangga
c) Kebun Instalasi Tanaman Obat Trop BRC IPB
d) Kultur Jaringan, Bioteknologi Tanaman
e) Kreativitas Tanaman Hias dari Hydrogell
f) Perah susu dan Pembuatan Yogurt
g) Recycle Paper (Daur Ulang Kertas)
h) Forest Outbond
i) F- Techno park
j) Desain Taman Lanskap
k) Kolam Percobaan
l) Penangkaran kupu-kupu Fakultas Kehutanan
m) Teaching Farm
n) Pembuatan Boneka Horta
o) Trop Biofarmaka Research Center (Trop BRC)

Pelayanan Kesehatan

Pelayanan kesehatan terdiriri dari pengobatan rawat jalan diberikan oleh Poliklinik IPB Kampus Darmaga dan Kampus Baranangsiang, serta bantuan biaya kamar dan pengobatan kepada mahasiswa yang mengalami sakit dan mengalami kecelakaan sehingga harus dirawat inap di rumah sakit.

Aula/Gedung Serba Guna

Untuk kegiatan kesenian atau kegiatan pertunjukan lain yang memerlukan ruang/aula, IPB menyediakan aula/auditorium di Rektorat, Fakultas Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Pertanian, dan di Kampus Baranangsiang. Selain itu tersedia Gedung Grha Widya Wisuda dengan daya tampung sekitar 3.000 orang dan tempat parkir kendaraan untuk 800 mobil.

Tempat Peribadatan

Tempat peribadatan bagi umat Islam, di Kampus IPB Dramaga disediakan Masjid Al-Hurriyyah (kapasitas + 5.000 orang) dan mushola-mushola yang tersebar di fakultas. Di Kampus IPB Gunung Gede terdapat Masjid Al-Ghifari. Fasilitas gereja ada di Kecamatan Ciampea dan Kota Bogor, serta pura dan wihara yang terdekat ada di Kota Bogor.