Pengabdian Pada Masyarakat 2019

Physics Go To School 2019 oleh Ketua Departemen Fisika (Dr. AKhiruddin Maddu)

Departemen Fisika IPB University menyelenggarakan kegiatan Physics Goes to School (PGTS) di dua kabupaten di Sulawesi Selatan, yaitu di Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. PGTS merupakan program kerja Departemen Fisika FMIPA IPB University yang bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan baru bagi siswa terkait keilmuan fisika dan aplikasinya bagi siswa-siswi SMA dan yang sederajat.  Sejauh ini Departemen Fisika IPB University hanya menyelenggarakan kegiatan PGTS di wilayah Jawa Barat dan Banten sejak tahun 2012. Untuk memperluas wilayah cakupan kegiatan PGTS, Departemen Fisika IPB University berinisiatif menyelenggarakan PGTS yang pertama di luar pulau Jawa.

Siswa yang turut berpartisipasi dalam PGTS

Untuk meningkatkan literasi sains dan teknologi bagi siswa-siswi SMA di wilayah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang, Departemen Fisika memberikan Coaching Clinic Robotics & IoT. Dalam PGTS ini diperkenalkan beberapa jenis robot dan perangkat IoT hasil inovasi/kreasi mahasiswa dan alumni Departemen Fisika dibawah naungan Physics Research Club (PRC). Siswa-siswa sangat antusias menerima pengetahuan baru tentang teknologi robotika dan Internet of Things (IoT), bahkan siswa-siswi SMA sangat berminat untuk mempelajari dan mendalami teknologi robotika dan IoT.

Demo robot oleh Ahmad Sejahtera, S.Si dan Dr. AKhiruddin Maddu
Pelaksanaan MGMP bagi guru-guru SMA di Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Pinrang

Selain itu, juga diselenggarakan pertemuan dengan guru-guru fisika MGMP Fisika SMA se-Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang. Kegiatan ini bertujuan menjalin komunikasi dan kerjasama dengan komunitas guru-guru fisika tingkat SMA atau yang sederajat melalui MGMP Fisika di suatu wilayah Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan.