Overview

Overview

Departemen Fisika resmi berdiri pada 25 September 1997 sesuai SK Dirjen Dikti No. 380/DIKTI/Kep/1997, dengan nama Jurusan Fisika. Pada 2000, Jurusan Fisika memperoleh Akreditasi B dari BAN-PT. Tahun 2004, Jurusan Fisika berubah menjadi Departemen Fisika. Pada 2005, Program Studi Fisika kembali memperoleh Akreditasi B dari BAN-PT. Untuk pengembangan keilmuan, tahun 2007 Departemen Fisika membuka Program S2 Biofisika. Tahun 2011, Program Studi Fisika mendapatkan Akreditasi A (2011-2016) dan kembali terakreditasi A untuk tahun 2016-2021 dari BAN-PT. Pada tahun 2017, Program S2 Biofisika memperoleh akreditasi A dari BAN-PT hingga tahun 2022.

Departemen Fisika memiliki 3 bagian, yaitu Bagian Fisika Teori, Bagian Biofisika, dan Bagian Fisika Terapan. Bagian-bagian ini berperan dalam pengembangan keilmuan fisika dengan mengkoordinir kegiatan pendidikan dan penelitian sesuai mandat yang diberikan. Bagian-bagian ini juga menjadi pintu untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait, baik dalam bidang penelitian maupun pengabdian pada masyarakat. Ketiga bagian ini berperan aktif dan telah memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan keilmuan fisika di IPB.

Kegiatan penelitian yang cukup intens dan publikasi ilmiah baik nasional maupun internasional yang dihasilkan oleh dosen-dosen Departemen Fisika menunjukkan kontribusi nyata Departemen Fisika pada pengembangan keilmuan fisika. Kontribusi lain juga dapat dilihat pada kegiatan pengabdian pada masyarakat melalui pengembangan teknologi-teknologi sederhana bagi masyarakat. Kerjasama juga telah dilakukan dengan sekolah-sekolah menengah (SMP dan SMA) dalam pengajaran fisika.

Vision & Mission

Visi

Menjadi Program Studi yang terkemuka di regional Asia Tenggara pada tahun 2020 dalam pengembangan ilmu fisika dan aplikasinya terutama dalam bidang-bidang ilmu hayati.

Misi

  1. Mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang professional,
  2. Mengembangkan keilmuan fisika dan aplikasinya terutama dalam bidang ilmu-ilmu hayati, dan
  3. Menghasilkan teknologi berbasis kandungan lokal yang ditopang dengan keilmuan fisika dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pengguna.

Structure

Current Structure of Department of Physics IPB 2015-2020

Chair : Dr. Akhiruddin Maddu

Deputy : Tony Sumaryada, Ph.D

Administrative Affair : Wahju Widijati, S.Pi

Academic Affair : Dr. Siti Nikmatin

Students and Alumni Affair : Dr. Setyanto Tri Wahyudi, M.Si

Chair of Graduate Program in Biophysics : Dr. Mersi Kurniati, M.Si

Secretary of Graduate Program in Biophysics : Dr. Yessie Widya Sari, M.Si

Head of Theoretical Physics Division : Dr. Husin Alatas

Head of Biophysics Division : Dr. Kiagus Dahlan

Head of Applied Physics Division : Dr. Irmansyah