Departemen Fisika IPB University Memberikan Coaching Clinic Robotika dan IoT kepada siswa MAS Sahid Kabupaten Bogor

Pada 6 Februari 2020 Departemen Fisika IPB University menerima kunjungan sebanyak 80 siswa-siswi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sahid Gunung Menyan, Pamijahan, Kabupaten Bogor. Dalam kunjungan ini para siswa mendapatkan sosialisasi pengenalan IPB University meliputi fakultas/sekolah dan keunggulan program-program studinya, serta peran IPB University dalam membangun pertanian di Indonesia. Juga diperkenalkan jalur penerimaan mahasiswa baru di IPB University khususnya jalur mandiri seperti jalur BUD (Beasiswa Utusan Daerah), jalur prestasi (PIN), dan jalur Ketua OSIS. Sosialisasi ini disampaikan oleh Ketua Departemen Fisika IPB University, Dr. Akhiruddin Maddu, M.Si.  Secara khusus Dr. Akhiruddin Maddu juga menyampaikan program-program kerja dan capaian-capaian serta keunggulan-keunggulan Departemen Fisika IPB University dalam mengelola program sarjana fisika di IPB University. Ketua Departemen Fisika IPB University juga menyampaikan bahwa Departemen Fisika mengemban misi mewujudkan pendidikan tinggi bidang fisika yang profesional dan menghasilkan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam kunjungan ini para siswa MAS Sahid diberikan coaching clinic tentang Robotika dan IoT (Internet of Things) yang disampaikan oleh seorang alumni sekaligus tenaga teknisi Laboratorium Fisika Lanjut Departemen Fisika IPB University, Sejahtera Ahmad, S.Si. Pada coaching clinic ini didemonstrasikan Lampu IoT, yaitu lampu yang terkoneksi dengan internet sehingga dapat dinyalakan dan dimatikan dengan bantuan internet. Beberapa orang siswa mencoba secara langsung  Lampu IoT tersebut. Dalam coaching clinic ini juga diperkenalkan beberapa jenis robot hasil inovasi/kreasi mahasiswa dan alumni Departemen Fisika IPB University dibawah naungan Physics Research Club (PRC). Sejahtera Ahmad, S.Si., memaparkan tentang komponen-komponen robot dan fungsinya masing-masing, demikian juga disampaikan komponen-komponen dan prinsip kerja Lampu IoT. Para siswa sangat antusias menerima pengetahuan baru tentang teknologi robotika dan Internet of Things (IoT), bahkan para siswa tertarik untuk mempelajari dan mendalami teknologi robotika dan IoT. Pihak sekolah juga berencana mengembangkan dan memperkuat ekstrakulikuler bidang robotika dan IoT bagi para siswa.

Kepala MAS Sahid Bogor, Ilham Alamsyah, S.Pd mengapresiasi dan berterimakasih atas pengetahuan dan wawasan yang diberikan oleh Departemen Fisika IPB University kepada siswa-siswi MAS Sahid. Ia berharap Departemen Fisika IPB University dapat memperluas dan memperkuat kerjasama yang telah dijalin selama ini dalam rangka meningkatkan literasi sains dan teknologi bagi siswa-siswi MAS Sahid Gunung Menyan, Pamijahan, Kabupaten Bogor. MAS Sahid Gunung Menyan adalah sekolah binaan Departemen Fisika IPB University dalam bidang ekstrakulikuler robotika sejak beberapa tahun terakhir. “MAS Sahid telah bekerjasama dengan Departemen Fisika IPB University dalam mengembangkan ekstrakulikuler robotika beberapa tahun terakhir dan telah berkontribusi dalam meningkatkan literasi sains dan teknologi bagi siswa, saya berharap kerjasama ini dapat diperluas dan diperkuat lagi  agar dapat memberikan dampak yang lebih besar lagi”, kata Ilham Alamsyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *