Departemen Fisika IPB University Benchmarking ke Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada

Departemen Fisika IPB University melakukan kunjungan dalam rangka benchmarking ke Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 3 Februari 2020. Dua orang tenaga pendidik (dosen) dan dua orang tenaga kependidikan (tendik) ikut serta dalam kunjungan ini, yaitu Dr. Akhiruddin (Ketua Departemen Fisika), Drs. Muhammad Nur Indro (Komisi kemahaisiswaan), Firmansyah, S.Si. (Laboran Laboratorium Fisika PPKU), dan Sejahtera Ahmad, S,Si. (Laboran Laboratorium Fisika Lanjut).  Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada yang merupakan salah satu departemen fisika terkemuka di Indonesia mengelola empat program studi yaitu Program Studi S1 Fisika, Program Studi S1 Geofisika, Program Studi S2 Fisika, dan Program Studi S3 Ilmu Fisika. Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada memiliki empat kelompok keahlian (divisi) yaitu, Fisika Material Fungsional, Fisika Teoritik dan Komputasional, Fisika Terapan, dan Geosains dengan jumlah tenaga pendidik (dosen) sekitar 40 orang. Terdapat empat laboratorium di Departemen Fisika UGM, yaitu Laboratoium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi, Laboraotium Atom dan Inti, dan Laboratorium Geofisika. Student body program sarjana Departemen Fisika UGM tidak terlalu besar (mirip dengan Departemen Fisika IPB University), namun student body program pascasarjana cukup besar, khususnya program magister yang jumlahnya bisa diatas 100 orang mahasiswa per angkatan. Kebijakan ini diambil untuk mendukung aktivitas penelitian berkualitas di Departemen Fisika UGM.

Penyerahan cinderamata

Dalam kunjungan ini didiskusikan beberbagai hal mulai dari pengelolaan sumber daya hingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Secara umum struktur organisasi Departemen Fisika UGM cukup sederhana dimana sistem pengelolaan sumberdaya yang terintegrasi. Ketua Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada, Dr. Mitrayana, M.Si. menyambut baik kunjungan Departemen Fisika IPB University. Beliau berharap ada kerjasama yang bisa dilakukan antara Departemen Fisika UGM dan Departemen Fisika IPB University, khususnya dalam bentuk penelitian dan pembimbingan bersama yang dilakukan antar personel peneliti yang ada di kedua Departemen Fisika tersebut.

Dalam kunjungan ini, peneliti senior Departemen Fisika UGM, Dr. Kuwat Triyana memaparkan aktivitas dan capaian-capaian penelitian mereka dari kelompok Fisika Material Fungsional selama tiga tahun terakhir. Topik utama penelitian kelompok ini adalah sensor kimia dan sistem sensor. Setidaknya kelompok ini telah menghasilkan publikasi-publikasi ilmiah pada jurnal-jurnal bereputasi level atas. Kelompok ini juga telah menciptakan berbagai peralatan fungsional, meliputi alat electrospinning dan alat analisis portabel yang dihasilkan di Laboratorium Fisika Material dan Intrumentasi. Salah satu diantaranya adalah hidung elektronik (electronic nose, eNOSE) yaitu alat yang berfungsi mendeteksi keberadaan analat yang mengindikasikan keberadaan substansi di dalam suatu produk. Alat (eNOSE) yang memanfaatkan sensor bau ini dikembangkan sesuai kebutuhan pasar pada berbagai bidang dan aktivitas di masyarakat seperti autentikasi produk halal secara cepat. eNOSE ini telah dimanfaatkan oleh beberapa pengguna seperti pada perkebunan kelapa sawit, rumah sakit, industri makanan, dan rumah sakit.  Alat lain yang sedang mereka kembangkan adalah lidah elektronik (electronic tongue, elto) yang memanfaatkan sensor rasa, alat ini digunakan diantaranya untuk mengindikasi kehalalan suatu produk makanan serta produk-produk industri lainnya.

Dalam kunjungan ini delegasi departemen Fisika IPB University juga dilakukan benchmarking ke beberapa fasilitas pendidikan dan penelitian di lingkungan Departemen Fisika UGM, yaitu Laboratorium Fisika Material dan Instrumentasi, Laboratorium Fisika Dasar, dan Laboratorium Geofisika. Berbeda dengan di IPB University, pengelolaan pembelajaran mata kuliah fisika tingkat pertama dilakukan sepenuhnya di Departemen Fisika UGM yang melayani seluruh bidang ilmu (program studi) di UGM yang mengambil mata kuliah fisika dasar. Laboratorium Fisika dasar UGM berada di Gedung Fisika. Departemen Fisika IPB University mendapat banyak pelajaran berarti dalam kegiatan benchmarking ke Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada, khususnya dalam efisiensi pengelolaan sumberdaya. Departemen Fisika IPB University juga mendapat pelajaran terkait aktivitas penelitian dan terkesan dengan capaian penelitian di Departemen Fisika Universitas Gadjah Mada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *