Mahasiswa Fisika IPB merebut piala gubernur dalam kompetisi Jakbee Hackathon 2019

Jakbee Hackathon merupakan kompetisi di bidang teknologi yang diselenggarakan oleh BAZNAS DKI Jakarta dan juga Pemprov DKI Jakarta yang bekerja sama dengan Credeva dengan tema : “Solve our Social and Urban Problems“.

Total hadiah yang disediakan sebesar Rp 250 juta dengan mengusung 4 kategori kompetisi yakni Public Service and Dynamic GovernmentAccessible Healthcare, Waste & Environment dan Poverty.

Kompetisi ini dihadiri oleh 60 tim secara Nasional yang kemudian tersisih menjadi 25 tim finalis. Adapun di antara tim yang menjadi finalis adalah dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan lainnya.

Atas izin Allâh Ta’ala, Bayu Pranoto Dwi Putra, mahasiswa Fisika IPB angkatan 53 bersama dengan dua rekannya, Endang Ilkom 53 dan Jeki TIN 53, berhasil meraih dua penghargaan sekaligus merebut piala gubernur dalam kompetisi Jakbee Hackathon 2019 yang diselenggarakan pada bulan Desember 2019.

Bayu dan timnya memperoleh penghargaan Best of The Best atas semua kategori perlombaan dan 1st Winner Accessible Healthcare Category dengan hadiah uang sebesar Rp 60 juta. Dua piala dan penghargaan diserahkan secara langsung oleh Bapak Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur.

Hadiah best of the best diserahkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Ide yang dibawakan oleh Bayu dan timnya adalah purwarupa alat sensor gula darah non-invasive mini yang terintegrasi dengan Internet sehingga pemantauannya dapat diakses secara mobile baik melalui PC maupun handphone, oleh client dan tenaga medis yang bertugas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *