Departemen Fisika IPB University Kunjungan dan Workshop ke Universiti Teknologi Malaysia

Departemen Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University mengadakan kunjungan ke Center for Sustainable Nanomaterial (Csnano) Universiti Teknologi Malaysia, Johor Bahru, Malaysia pada tanggal 18-19 Desember 2019. CSNano UTM dipilih dengan mempertimbangan kemajuan pesat dalam bidang penelitian nanomaterial menggunakan bahan dasar hayati dengan metode ramah lingkungan pada aplikasi Fisika Terapan dan Biomedis. SCNano UTM juga memiliki kemajuan pesat terhadap publikasi internasional.

Foto bersama di depan Universiti Teknologi Malaysia

Kunjungan ini bertujuan untuk studi banding terhadap infrastruktur kemahasiswaan UTM, peralatan laboratorium pendidikan dan penelitian, serta workshop green synthesis nanoparticles. Kunjungan ini juga difokuskan pada penjajakan kerjasama dalam kegiatan pertukaran pelajar, kolaborasi riset, dan penggunaan fasilitas riset yang linier dengan visi dan misi Departemen Fisika khususnya pengembangan Divisi,” papar Kepala Divisi Fisika Terapan, Dr. Irmansyah.

Beberapa delegasi yang ikut serta dalam kunjungan ini diantaranya adalah dosen yaitu, Dr. Siti Nikmatin, Dr. Setyanto Tri Wahyudi, dan Dr. Irmansyah Sofian, teknisi laboratorium Bambang Hermawan, M.Si dan perwakilan mahasiswa S2 Biofisika, yaitu Angga Saputra, Nico Berlinson Fernando, Putri Lailatul Bintari, dan Adhi Rahmadian, serta perwakilan mahasiswa S1 Fisika, Aditya Pratama Rico (53) , Rohul Rizki Mubaroq (54), dan Vanya Azzahra Chairunissa (55).

Kunjungan diawali dengan menghadiri short presentation oleh Assoc. Prof .ChM, Dr. Nik Ahmad Nizam Nik Malek (Director of CSNano). Pada penjelasannya, Dr. Nik menjelaskan penelitian yang sedang dikembangkan oleh CSNano dan tujuan serta keanggotaan dari kelembagaan CSNano. CSNano menfokuskan pada pengaplikasian nanopartikel dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus melihat sisi sustainable initiative dari material tersebut. Dalam keanggotaannya, CSNano terdiri atas peneliti dan mahasiswa yang dibagi menjadi dua jenis keanggotaan, yaitu member penuh sebanyak lima peneliti dan associate member sebanyak tujuh peneliti. Penelitan yang banyak dilakukan oleh CSNano diantaranya merupakan penelitan yang mengaplikasikan nanomaterial dalam lingkungan medis dan biologis. Pemaparan aktivitas Divisi di Departemen Fisika dipaparkan oleh Dr. Irmansyah, sementara itu penelitian dan scale up hasil riset ke industri dan masyarakat disampaikan oleh Dr. Siti Nikmatin.

Kunjungan dilanjutkan dengan mengikuti workshop green syntesis nanoparticles yang dibina oleh Achmad Syafiuddin, Ph.D yang

Pemaparan metari oleh Ahmad Syaifudin Ph.D

juga merupakan alumni S1 Fisika IPB University di laboratorium departemen medical engineering, UTM, Malaysia. Pada kesempatan kali ini, rombongan delagasi ditunjukkan langkah-langkah pembuatan nanopartikel silver dengan metode green synthesis menggunakan daun ceri.

Penyerahan cinderamata

Di akhir lawatan, rombongan delegasi menghadiri workshop penulisan jurnal Internasional oleh Dr. Syaifudin yang kembali dilaksanakan di gedung UTM Space, UTM, Malaysia. Pada workshop ini, robongan diajarkan mengenai bagaimana cara menulis jurnal Internasional yang baik, serta tips dan trik dalam menembus jurnal internasional Q1.

(Resource person: Dr. Siti Nikmatin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *