Hadirkan Pembicara dari TU Braunschweg Jerman, Seminar of Nanophysics and Biophotonic sukses dilaksanakan

Program Studi S2 Biofisika IPB menyelenggarakan acara Seminar of Nanophysics and  Biophotonics. Acara ini dilaksanakan di Ruang Auditorium FMIPA IPB pada hari Rabu, 11 September 2019. Pembukaan acara seminar dihadiri oleh Sekretaris Departemen Fisika IPB, Dosen Fisika IPB, dan pembicara utama yang merupakan diaspora Indonesia yang saat ini bermukim di Jerman. Peserta seminar berjumlah 173 orang yang berasal dari S1 Fisika, S2 Biofisika, mahasiswa departemen lain di IPB, serta beberapa akademisi dari luar IPB. Acara ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama yang merupakan kuliah umum Nanofisika oleh Dr. –Ing. Hutomo Suryo Wasisto dan  Dr.rer.nat. Hendradi Hardhienata yang dimoderatori oleh Prof. Husin Alatas serta sesi kedua yang memaparkan perkembangan terkini Biofotonika oleh mahasiswa S2 biofisika.

Foto Bersama Pembicara dan Peserta Seminar

Sekretaris Departemen Fisika IPB, Dr. R. Tony Ibnu Sumaryada WP, dalam sambutannya menjelaskan pentingnya mahasiswa mengetahui perkembangan penelitian dalam bidang keilmuan biofotonik di dalam dan luar negeri. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan yang bermanfaat ini. Acara seminar ini diisi oleh narasumber yang berkompeten pada bidangnya yang dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta secara tekun untuk menambah ilmu dan wawasan.

Pembicara utama dalam seminar ini adalah Dr. –Ing. Hutomo Suryo Wasisto yang saat ini berprofesi sebagai kepala LENA Research Grup TU Braunschweg, Germany.

Pemaparan materi oleh Dr. –Ing. Hutomo Suryo Wasisto

Di awal presentasinya, beliau memotivasi peserta untuk berani mempunyaimimpi yang tinggi dan terus berjuang untuk menggapai mimpinya. Beliau menceritakan perjalanan studinya saat masih bersekolah di Indonesia sampai menjadi salah satu ilmuwan Indonesia yang berprestasi di Jerman. Beliau juga memaparkan tentang perkembangan terkini penelitian nanoteknologi  serta kegiatan beliau di LENA (Laboratory for Emerging Nanometrology) Jerman. Presentasi disampaikan secara menarik serta dilengkapi dengan video.

Dr.rer.nat. Hendradi Hardhienata sebagai pembicara kedua membawakan materi tentang nanofisika pada permukaan semikonduktor. Beliau menceritakan tentang second harmonic generation pada optika nonlinear, teori kuantum tentang melihat suatu material di permukaan, aplikasinya, serta beberapa penelitian terkait yang beliau geluti di departemen Fisika IPB. Beliau juga memotivasi mahasiswa untuk bisa terus berkembang dan tidak berkecil hati ketika ada yang meragukan kemampuan. Hal tersebut haruslah menjadi titik balik agar diri menjadi lebih baik lagi.

Pemaparan materi oleh Dr.rer.nat. Hendradi Hardhienata

Sesi pertama diakhiri dengan diskusi singkat antara pembicara dan peserta. Antusiasme peserta terlihat dengan banyaknya pertanyaan terkait materi seminar serta motivasi yang disampaikan oleh pembicara.

Sesi kedua seminar diisi dengan pemaparan perkembangan terknini terkait biofotonika oleh mahasiswa S2 Biofisika. Terdapat tiga mahasiswa yang berkesempatan melakukan presentasi yaitu Bayu Prastowo, S.Ft yang memaparkan tentang Interaksi Sel Kanker terhadap Modalitas Pencitraan Optik Second Harmonic Generation, Annisa Tsalsabila, S.Si memaparkan tentang perkembangan Laser Serat berdaya tinggi untuk aplikasinya dalam bidang medis yaitu operasi jaringan lunak, serta Adhi Rahmadian, S.Si yang memaparkan tentang pengertian, sejarah serta perkembangan terkini Optogenetik. Acara seminar diakhiri dengan penyerahan sertifikat kepada pembicara sesi 2 serta foto bersama seluruh pembicara dan peserta.

Penyerahan sertifikat kepada mahasiswa S2 Biofisika

“Acara seminar ini sangat bermanfaat bagi peserta karena dapat mendengar secara langsung perjalanan seorang ilmuwan dalam menggapai mimpinya, menguatkan pimikiran bahwa usaha yang sungguh-sungguh akan mencapai hasil yang baik pada akhirnya. Pemaparan pembicara terkait penelitian terkini juga sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan update perkembangan penelitian nanofisika dan biofotonika saat ini”, ujar Annisa Salsabila, salah seorang peserta Panitia Seminar of Nanophysics and Biophotonics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *