Departemen Fisika IPB gelar Lokakarya Akademik Perkuliahan PPKU Fisika

Sabtu, 31 Agustus 2019, Departemen Fisika IPB menggelar Lokakarya Akademik Perkuliahan PPKU Fisika dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan kuliah PPKU Fisika bertempat di Hotel Sahira, Jalan A. Yani No. 17-23, Tanah Sareal, Kota Bogor. Lokakarya ini dihadiri oleh Staf Dosen Departemen Fisika FMIPA Institut Pertanian Bogor.

Gambar. Staf dosen Fisika IPB yang menghadiri Lokakarya Akademik Perkuliahan PPKU Fisika

Agenda lokakarya ini terdiri atas beberapa empat sesi.

Sesi I: Evaluasi Pembelajaran PPKU Fisika

Sesi pertama diisi oleh Dr. Mersi Kurniati, Dr. Tony Sumaryada, dan Sidikrubadi, M.Si. Pada sesi ini dibahas sebaran nilai mahasiswa PPKU Fisika dan saran-saran mahasiswa pada evaluasi EPBM. Sesi ini ditutup dengan diskusi terkait kemungkinan penyebab penurunan atau peningkatan nilai rata-rata kelas terhadap tiap semester dan solusi untuk masalah tersebut.

Sesi 2: Success story mengajar mahasiswa PPKU

Sesi kedua merupakan sesi sharing yang disampaikan oleh Dr. Kiagus Dahlan yang mengampu MK Fisika 100. Beliau mengungkapkan beberapa hal yang harus dilakukan oleh dosen untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap mata kuliah Fisika seperti memberikan penjelasan tentang aplikasi Fisika dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, mahasiswa dengan karakter dan kepribadian yang baik menjadi output lulusan MK Fisika PPKU yang diharapkan.

Sesi 3: Penggunaan media online (LMS) untuk pelaksanaan kuliah dan Ujian (UTS dan UAS)

Pada sesi ini berisi pentingnya mengadakan kuliah yang sesuai dengan tuntutan zaman dengan penggunaan media online dalam beberapa sesi pertemuan di kuliah PPKU. Sesi ini sangat mendukung kebijakan IPB melalui Direktur Pengembangan Program dan Teknologi Pendidikan IPB untuk merumuskan kurikulum 4.0 pada semua MK di lingkup IPB. Sesi ini diisi oleh Dr. Setyanto dan Drs. Mahfudin Zuhri, M.Si.

Sesi 4: Evaluasi PPT kuliah dan Pelatihan Pembuatan Soal ujian dan

Nilai yang diperoleh mahasiswa pada UTS dan UAS sangat dipengaruhi oleh pamahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan yang berakibat pada kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Evaluasi PPT dilakukan untuk menganalisis apakah PPT yang diberikan pada saat kuliah dapat menjelaskan semua materi yang terkait sehingga dengan PPT dan pemaparan dosen di kelas dapat memfasilitasi mahasiswa dalam memahami materi dan mencapai kompetensi yang diinginkan. Pembuatan soal UTS dan UAS juga dibahas pada sesi ini untuk mengetahui kategori soal yang diberikan dalam ujian yakni mudah, sedang, atau sulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *