Great !!! 20 Mahasiswa Fisika IPB Mengikuti Magang Bersertifikat di PLN

Satu lagi gebrakan oleh mahasiswa Fisika IPB di Indonesia, sebanyak 20 orang mahasiwa Fisika IPB terpilih untuk mengikuti Magang bersertifikasi  di PLN. Magang bersertifikasi ini merupakan program FHCI (Forum Human Capital Indonesia) dari Kementrian BUMN yang bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat magang di perusahaan-perusahaan BUMN besar di tanah air untuk menyiapkan generasi yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan tuntutan dunia industri di masa depan.

Magang bersertifikasi batch 2 ini memakan waktu 6 bulan penuh (Februari-Agustus 2019). Mahasiswa peserta magang yang menyelesaikan kegiatan ini akan mendapat sertifikat peserta magang, serta akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi magang berlogo garuda yag diakui tidak hanya di Indonesia tapi juga regional ASEAN.

Bidang kompetensi yang diikuti mahasiswa Fisika IPB adalah Instrumentasi dan kontrol. Bagi peserta magang yang menunjukkan prestasi yang luar biasa selama proses terbuka peluang untuk direkrut sebagai pegawai tetap setelah melalui proses administrasi standar.

20 mahasiswa dari suatu program studi adalah yang terbanyak dibandingkan universitas lainnya, tentu ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Mahasiswa dan Departemen Fisika IPB.

Bravo !

Wowww, Ilmuwan Fisika Kuantum Kelas Dunia memberi Kuliah Umum di Fisika IPB

Tanggal 11 Februari 2019, Departemen Fisika IPB menyelenggarakan Kuliah Umum dar Dr. Agung Budiyono, berjudul : Axiomatisasi Mekanika Kuantum Berdasarkan Model Phase space dengan sebuah batasan Statistik Tertentu, dan Potensi Aplikasinya Pada Komputasi Kuantum dan Simulasi Kuantum.

Dr. Agung Budiyono terkenal di dunia  karena ide interpretasi kuantumnya yang dituliskan di Jurnal Nature tahun 2017 berjudul :

Quantum mechanics as classical statistical mechanics with an ontic extension and an epistemic restriction

yang dapat dibaca pada link di bawah ini:

https://www.nature.com/articles/s41467-017-01375-w

Acara ini dihadiri oleh hampir 120 peserta, kebanyakan mahasiswa Departemen Fisika IPB. Melalui Kuliah Umum ini Departemen Fisika berharap dapat membuka wawasan khalayak khususnya mahasiswa Fisika IPB tentang riset-riset terbaru Fisika baik di bidang teori maupun eksperimental.

 

 

Hebat ! 6 orang lulusan S2 Biofisika IPB Jadi Dosen (CPNS)

Enam orang lulusan Program S2 Biofisika IPB diterima sebagai CPNS (Dosen) di berbagai Universitas dan SekolahTinggi di indonesia pada tahun 2019 ini.

Prestasi yang membanggakan ini sekaligus menunjukkan performa lulusan S2 Biofisika IPB yang mumpuni dan dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Semoga mereka dapat sukses dan berprestasi  membanggakan Bangsa Indonesia dan IPB. Selamat kepada :

  1. Gema Sukma, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015) : Dosen CPNS Politeknik Grafika Jakarta.
  2.  Khusnul Yakin, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2014) : Dosen CPNS di UIN Malikus Saleh Malang.
  3. Ade Kurniawan, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015): Dosen CPNS UIN Yogyakarta.
  4. Idawati Supu, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2011): Dosen CPNS Universitas Negeri Gorontalo.
  5. Made Dirgantara, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015): Dosen CPNS Universitas Palangkaraya.
  6. Gusti Putu Agus, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2013): Dosen CPNS Universitas Papua.