Wow…! Dosen Fisika IPB raih Penghargaan Internasional L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences

Dosen Departemen Fisika IPB, Dr. Yessie Widya Sari berhasil menorehkan prestasi gemilang sebagai Juara 1 pada  L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences untuk Kategori Peneliti Wanita terbaik dalam Bidang Life Sciences.

Penelitian yang akan dilakukan Dr. Yessie terkait kemasan makanan berbasis bioplastik yang memberikan solusi pada masalah perekonomian petani, pencemaran lingkungan, serta potensial menghasilkan profit ekonomi yang besar.

Jempolan….Mahasiswa Fisika IPB Juara lagi

Prestasi gemilang diraih oleh Mahasiswa/Mahasiswi Departemen Fisika (Sejahtera Ahmad, Siti Afraghassani, dan Sri Ambar Wulan) yang sukses merebut Juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional pada acara Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) yang diadakan tanggal 17-21 Oktober 2018 di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan. Prestasi ini menambah deretan prestasi yang telah ditorehkan Mahasiswa Fisika IPB

Prestasi lainnya adalah Mahasiswa Fisika IPB ( Gito Heryan, Dara Mariesta, dan Arief) berhasil merebut Juara ketiga pada lomba Chemical Engineering Paper Competition yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang pada tanggal 16-17 November 2018.

 

 

Wuih…Fisika IPB Mengadakan Kuliah Tamu dari Mancanegara

Pada tanggal 26 Oktober 2018, Departemen Fisika IPB mengadakan Kuliah tamu yang menghadirkan Prof. Dr. Kiattawee Choowongkomon dari Departemen Biokimia Kasetsart University. Prof Kiattawee dalam presentasinya menampilkan riset-riset terkini beliau dalam bidang molecular docking serta promosi program Pasca Sarjana (S2 dan S3) di Grup riset beliau. Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 an mahasiswa Fisika IPB yang memiliki minat yang kuat di bidang biofisika dan biokimia fisik.

Fisika IPB presentasikan 8 Makalah di The 5th International Seminar on Sciences

Pada tanggal 25 Oktober 2018, FMIPA IPB mengadakan The 5th International Seminar on Sciences. Acara ini merupakan seminar internasional tahunan yang diselenggarakan oleh FMIPA IPB. Beberapa Pembicara Tamu yang diundang antara lain : Dr Alan Spesa dari Swansea University, Dr. Susumu Uchiyama (Osaka University), Dr. Kiattawee Choowongkomon (Kasetsart University), Indra Utoyo (BRI), Prof. Suharsono (Biology IPB), Delphine Clara Zemp (Gottingen University), dan lain lain. Dari Departemen Fisika IPB tercatat terdapat 8 Makalah paper yang ditampilkan pada seminar tersebut. Makalah-makalah tersebut setelah direview  rencananya akan diterbitkan pada prosiding dan jurnal  terindeks scopus.

 

Musyawarah Besar Alumni Fisika IPB

Pada tanggal 14 Oktober 2018, Himpunan Alumni Fisika IPB (HAFI) mengadakan Musyawarah Besar yang pertama. Sejak tahun 1997 hingga saat ini terdapat lebih dari 800-an alumni Program Studi Fisika IPB yang telah berkiprah mantap dan keren di masyarakat dalam berbagai bidang. Melalui Musyawarah ini diharapkan para alumni dapat bersinergi dengan Departemen Fisika IPB serta mahasiswa aktif untuk merencanakan program dan kegiatan bersama untuk meningkatkan kiprah Fisika IPB di masyarakat luas. Pada Musyawarah Besar HAFI yang dihadiri oleh sekitar 100 an alumni ini juga dilakukan pemilihan Ketua HAFI, terpilih Cucu Sukmaya sebagai ketua HAFI yang baru.

Mantap…! Departemen Fisika IPB Mengadakan Pelatihan Teknologi Zaman Tomorrow (Non Destructive Test Workshop)

Pada Tanggal 29-30 September 2018, Departemen Fisika IPB bekerjasama dengan PT. Intergy Global Forma dan PT. NDT Instruments mengadakan Workshop mengenai pengujian tak merusak (Non Destructive Testing). Metode NDT saat ini sangat penting dalam dunia industri (pangan, manufaktur, otomotif, semuanya aja deh…) karena mampu menguji kualitas produk tanpa harus menyentuh ataupun merusak material yang diuji. Pengujian NDT umumnya berbasis radiasi sehingga diperlukan keahlian khusus yang belum banyak dimiliki tenaga ahli di Indonesia. Acara ini tentu saja akan meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa Fisika IPB dalam menyambut zaman tomorrow.

Top Markotop Bro…Fisika IPB Pamer Produk di IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO

Departemen Fisika diundang dalam Pameran Inovasi IPB (IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO) pada tanggal 25 September 2018. Acara ini menampilkan berbagai produk dari Unit-Unit di IPB serta para enterpreneurs alumni IPB. Dalam acara tersebut Departemen Fisika IPB menampilkan dua produk kepakarannya yaitu : Robotika dan Helm komposit berbasis Sawit. Produk Robotika merupakan produk dari PRC (Physics Research Club) yaitu kelompok peminatan Instrumentasi elektronik, kontrol dan sensor dari Himpunan Mahasiswa Fisika IPB. Sedangkan produk Helm komposit (Green Composite helm) merupakan hasil dari riset kepakaran dari Dr. Siti Nikmatin dari Departemen Fisika IPB yang memadukan material polimer dengan nanopartikel dari tandan kosong kelapa sawit.

 

Keren, Kurikulum Fisika IPB Zaman Now (K2019 ZN) disiapkan untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0

Hey……siswa SMA/MA se-Indonesia, jangan ragu daftar ke Fisika IPB. Kurikulum kita disiapkan untuk zaman now loh….

Pada tanggal 12 Oktober 2018, Departemen Fisika Mengadakan Lokakarya Reorientasi Kurikulum Program Sarjana Fisika IPB. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA IPB Prof. Purwantiningsih Sugita. Beberapa narasumber diundang untuk memberi masukan dan saran untuk pengembangan Kurikum Program Sarjana Fisika IPB. Narasumber yang diundang anatara lain : Dr. Widayani (dari PS Fisika ITB), Dr. Djati Handoko (Kaprodi Sarjana Fisika UI), Dr. Rike Yudianti (Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI), Sedangkan dari pihak alumni dan stakeholder industry narasumber yang diundang anatara lain Dr. Yuliati Herbani (LIPI), Dr. Jan Setiawan (BATAN), Andre Seno, M.Si (Shearwater GeoServices), serta aluni lainnya. Kurikulum Program Sarjana Fisika IPB 2019 (K2019) disusun berdasarkan filosofi OBE (Outcomes Based Education) yang menekankan pada proses dan ouput suatu program studi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya serta dapat memenuhi kebutuhan para pengampu kepentingan (stakeholders).

 

Fisika IPB Mengadakan Seminar Nasional Material Maju dan Biofotonika

Tanggal 3 September 2018, Departemen Fisika mengadakan Seminar Nasional Material Maju dan Biofotonika  dengan Tema Penerapan Hasil Riset dalam Perspektif Kemandirian Industri Nasional. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis IPB dan didukung oleh berbagai pihak seperti INOS, Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit, PT Interstisi, AHM, dan BNI46. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dan sekitar 30 speakers, baik invited maupun contributed speaker.