Mantul bro (mantap betul), Anak Fisika IPB Juara lagi, hadiahnya guede banget!

Mahasiswa Fisika angkatan 2016, Sri Ambar Wulan bersama rekannya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Shidiq Lanang Prasetiyo, dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan Angkatan 2015) berhasil menjadi Juara 1 dan memperoleh hadiah sebesar 30 Juta rupiah pada lomba Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh Innovation Factory dan NTUitive. Lomba ini bertujuan untuk mencari Inovasi untuk Atasi Kerugian Pasca-Panen Ikan Segar di Indonesia Permasalahan pasca-panen ikan yang berdampak pada rantai pasokan pangan adalah salah satu kesulitan besar yang dihadapi negara-negara berkembang di dunia, termasuk di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan pasca-panen ikan segar di Indonesia, GAIN (Global Alliance for Nutrition) , lewat program I-PLAN (Indonesia-Postharvest Loss Alliance for Nutrition), bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan serta dengan didukung penuh oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, mengadakan program kompetisi tingkat nasional bertajuk “Innovation Challenge”. IPLAN mencari 10 finalis yang memiliki ide teknologi atau inovasi baru yang dapat diadopsi oleh pelaku rantai pasokan lokal dengan tujuan untuk mengurangi Post-Harvest Loss (PHL) ikan laut segar di sepanjang rantai pasokan, yang terdiri dari beberapa titik kritis seperti di

  1. Tempat pendaratan ikan
  2. Transportasi dan distribusi (termasuk pedagang ikan dan sayur-sayuran keliling)
  3. Pengecer di pasar termasuk penjual pinggir jalan
  4. Sistem penyimpanan kecil (Small storage system)
  5. Bahan alternatif pengganti es

Sri Ambar Wulan bersama rekannya mengajukan metode penyimpanan ikan menggunakan material maju yang bernama PCMs (Phase Change Materials). Material ini membutuhkan energy (kalor) yang besar untuk berubah fasa, sehingga ketika ditempatkan dalam wadah penyimpanan ikan akan menyerap banyak kalor dan berfungsi sebagai pendingin ruangan pada wadah penyimpanan ikan.

Hadiah yang diperoleh sebesar 30 Juta akan digunakan untuk inisiasi riset PCMs untuk Fish Storage System.

Musyawarah Besar Alumni Fisika IPB

Pada tanggal 14 Oktober 2018, Himpunan Alumni Fisika IPB (HAFI) mengadakan Musyawarah Besar yang pertama. Sejak tahun 1997 hingga saat ini terdapat lebih dari 800-an alumni Program Studi Fisika IPB yang telah berkiprah mantap dan keren di masyarakat dalam berbagai bidang. Melalui Musyawarah ini diharapkan para alumni dapat bersinergi dengan Departemen Fisika IPB serta mahasiswa aktif untuk merencanakan program dan kegiatan bersama untuk meningkatkan kiprah Fisika IPB di masyarakat luas. Pada Musyawarah Besar HAFI yang dihadiri oleh sekitar 100 an alumni ini juga dilakukan pemilihan Ketua HAFI, terpilih Cucu Sukmaya sebagai ketua HAFI yang baru.

Mantap…! Departemen Fisika IPB Mengadakan Pelatihan Teknologi Zaman Tomorrow (Non Destructive Test Workshop)

Pada Tanggal 29-30 September 2018, Departemen Fisika IPB bekerjasama dengan PT. Intergy Global Forma dan PT. NDT Instruments mengadakan Workshop mengenai pengujian tak merusak (Non Destructive Testing). Metode NDT saat ini sangat penting dalam dunia industri (pangan, manufaktur, otomotif, semuanya aja deh…) karena mampu menguji kualitas produk tanpa harus menyentuh ataupun merusak material yang diuji. Pengujian NDT umumnya berbasis radiasi sehingga diperlukan keahlian khusus yang belum banyak dimiliki tenaga ahli di Indonesia. Acara ini tentu saja akan meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa Fisika IPB dalam menyambut zaman tomorrow.

Top Markotop Bro…Fisika IPB Pamer Produk di IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO

Departemen Fisika diundang dalam Pameran Inovasi IPB (IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO) pada tanggal 25 September 2018. Acara ini menampilkan berbagai produk dari Unit-Unit di IPB serta para enterpreneurs alumni IPB. Dalam acara tersebut Departemen Fisika IPB menampilkan dua produk kepakarannya yaitu : Robotika dan Helm komposit berbasis Sawit. Produk Robotika merupakan produk dari PRC (Physics Research Club) yaitu kelompok peminatan Instrumentasi elektronik, kontrol dan sensor dari Himpunan Mahasiswa Fisika IPB. Sedangkan produk Helm komposit (Green Composite helm) merupakan hasil dari riset kepakaran dari Dr. Siti Nikmatin dari Departemen Fisika IPB yang memadukan material polimer dengan nanopartikel dari tandan kosong kelapa sawit.

 

Keren, Kurikulum Fisika IPB Zaman Now (K2019 ZN) disiapkan untuk mengantisipasi Revolusi Industri 4.0

Hey……siswa SMA/MA se-Indonesia, jangan ragu daftar ke Fisika IPB. Kurikulum kita disiapkan untuk zaman now loh….

Pada tanggal 12 Oktober 2018, Departemen Fisika Mengadakan Lokakarya Reorientasi Kurikulum Program Sarjana Fisika IPB. Acara ini dibuka oleh Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA IPB Prof. Purwantiningsih Sugita. Beberapa narasumber diundang untuk memberi masukan dan saran untuk pengembangan Kurikum Program Sarjana Fisika IPB. Narasumber yang diundang anatara lain : Dr. Widayani (dari PS Fisika ITB), Dr. Djati Handoko (Kaprodi Sarjana Fisika UI), Dr. Rike Yudianti (Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI), Sedangkan dari pihak alumni dan stakeholder industry narasumber yang diundang anatara lain Dr. Yuliati Herbani (LIPI), Dr. Jan Setiawan (BATAN), Andre Seno, M.Si (Shearwater GeoServices), serta aluni lainnya. Kurikulum Program Sarjana Fisika IPB 2019 (K2019) disusun berdasarkan filosofi OBE (Outcomes Based Education) yang menekankan pada proses dan ouput suatu program studi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya serta dapat memenuhi kebutuhan para pengampu kepentingan (stakeholders).

 

Fisika IPB Mengadakan Seminar Nasional Material Maju dan Biofotonika

Tanggal 3 September 2018, Departemen Fisika mengadakan Seminar Nasional Material Maju dan Biofotonika  dengan Tema Penerapan Hasil Riset dalam Perspektif Kemandirian Industri Nasional. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian acara Dies Natalis IPB dan didukung oleh berbagai pihak seperti INOS, Badan Pengelola Dana Kelapa Sawit, PT Interstisi, AHM, dan BNI46. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 100 peserta dan sekitar 30 speakers, baik invited maupun contributed speaker.

 

Orasi Pengukuhan Guru Besar Fisika IPB, Prof. Dr. Husin Alatas, S.Si M.Si

Tanggal 05 Mei 2018 menjadi hari bersejarah bagi Departemen Fisika IPB dengan dikukuhkannya Prof.Dr.HusinAlatas, S.Si, M.Si sebagai Guru Besar Fisika Pertama di IPB. Orasi pengukuhan Guru Besar Prof. Husin dilaksanakan di Auditorium Andi Hakim Nasoetion dengan judul orasi :FISIKA DAN PARADIGMA KOMPLEKSITAS SERTA PERANNYA MENUJU KEILMUAN TRANSDISIPLIN.

Semoga Fisika IPB makin JAYA !!!

Wow Keren, 13 proposal PKM Mahasiswa Fisika IPB didanai Kemenristekdikti. Yang terbanyak lho di IPB

Mahasiswa Departemen Fisika IPB berhasil meloloskan 13 Tim PKM (Program KreativitasMahasiswa) untuk didanai oleh Kemenristekdikti. Jumlah Proposal yang didanai ini adalah yang terbanyak dibandingkan program studi lain di IPB. Total proposal dari IPB yang didanai adalah 140 proposal. Tahun 2017 Mahasiswa Fisika IPB berhasil meloloskan 7 Tim (proposal) untuk didanai oleh Kemenristek dikti serta meloloskan 3 tim ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) dan memperoleh 2 medali perak dan 1 medali perunggu presentasi serta satu medali emas untuk poster serta satu poster favorit.

Kunjungan ke SMAN 1 Jonggol; Physics Goes To Schools

Fisika IPB sedang beraktivitas dimana ???……di Jonggol

Departemen Fisika melakukan Kegiatan PGTS (Physics Goes To School) ke SMAN 1 Jonggol Kabupaten Bogor pada tanggal 19 April 2018. Kegiatan ini diisi dengan silaturahmi dan sharing pengajaran Fisika antara para guru dan dosen Fisika IPB, diikuti kegiatan demo eksperimen fisika serta pelatihan robotika bagi para siswa SMAN 1 Jonggol. Para siswa dan guru terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini sejak pagi hari hingga selepas siang hari. Acara diakhiri dengan ramah tamah dan makan siang bersama. Untuk SMA lain yang berminat untuk didatangi kegiatan PGTS di masa mendatang silakan menghubungi Departemen Fisika IPB melalui nomor kontak di website fisika IPB di  http ://www.physics.ipb.ac.id

Peningkatan Kapasitas Guru Fisika di kota Bogor 2018. Majulah Fisika Bogor !!!

Pada 19 Februari 2018 Departemen Fisika IPB bekerjasama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kota Bogor mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Guru. Kegiatan ini diikuti sekitar 30 an guru Fisika SMA/MA se-kotaBogor. Acara meliputi pengenalan Departemen Fisika beserta fasilitas labnya, sharing pengalaman antara guru dan dosen terkait metode pembelajaran Fisika mutakhir, serta identifikasi problem konseptual dalam pengajaran fisika tingkat SMA/MA di kota Bogor