Great !!! 20 Mahasiswa Fisika IPB Mengikuti Magang Bersertifikat di PLN

Satu lagi gebrakan oleh mahasiswa Fisika IPB di Indonesia, sebanyak 20 orang mahasiwa Fisika IPB terpilih untuk mengikuti Magang bersertifikasi  di PLN. Magang bersertifikasi ini merupakan program FHCI (Forum Human Capital Indonesia) dari Kementrian BUMN yang bertujuan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa Indonesia untuk dapat magang di perusahaan-perusahaan BUMN besar di tanah air untuk menyiapkan generasi yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan tuntutan dunia industri di masa depan.

Magang bersertifikasi batch 2 ini memakan waktu 6 bulan penuh (Februari-Agustus 2019). Mahasiswa peserta magang yang menyelesaikan kegiatan ini akan mendapat sertifikat peserta magang, serta akan mengikuti uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi magang berlogo garuda yag diakui tidak hanya di Indonesia tapi juga regional ASEAN.

Bidang kompetensi yang diikuti mahasiswa Fisika IPB adalah Instrumentasi dan kontrol. Bagi peserta magang yang menunjukkan prestasi yang luar biasa selama proses terbuka peluang untuk direkrut sebagai pegawai tetap setelah melalui proses administrasi standar.

20 mahasiswa dari suatu program studi adalah yang terbanyak dibandingkan universitas lainnya, tentu ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi Mahasiswa dan Departemen Fisika IPB.

Bravo !

Wowww, Ilmuwan Fisika Kuantum Kelas Dunia memberi Kuliah Umum di Fisika IPB

Tanggal 11 Februari 2019, Departemen Fisika IPB menyelenggarakan Kuliah Umum dar Dr. Agung Budiyono, berjudul : Axiomatisasi Mekanika Kuantum Berdasarkan Model Phase space dengan sebuah batasan Statistik Tertentu, dan Potensi Aplikasinya Pada Komputasi Kuantum dan Simulasi Kuantum.

Dr. Agung Budiyono terkenal di dunia  karena ide interpretasi kuantumnya yang dituliskan di Jurnal Nature tahun 2017 berjudul :

Quantum mechanics as classical statistical mechanics with an ontic extension and an epistemic restriction

yang dapat dibaca pada link di bawah ini:

https://www.nature.com/articles/s41467-017-01375-w

Acara ini dihadiri oleh hampir 120 peserta, kebanyakan mahasiswa Departemen Fisika IPB. Melalui Kuliah Umum ini Departemen Fisika berharap dapat membuka wawasan khalayak khususnya mahasiswa Fisika IPB tentang riset-riset terbaru Fisika baik di bidang teori maupun eksperimental.

 

 

Hebat ! 6 orang lulusan S2 Biofisika IPB Jadi Dosen (CPNS)

Enam orang lulusan Program S2 Biofisika IPB diterima sebagai CPNS (Dosen) di berbagai Universitas dan SekolahTinggi di indonesia pada tahun 2019 ini.

Prestasi yang membanggakan ini sekaligus menunjukkan performa lulusan S2 Biofisika IPB yang mumpuni dan dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Semoga mereka dapat sukses dan berprestasi  membanggakan Bangsa Indonesia dan IPB. Selamat kepada :

  1. Gema Sukma, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015) : Dosen CPNS Politeknik Grafika Jakarta.
  2.  Khusnul Yakin, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2014) : Dosen CPNS di UIN Malikus Saleh Malang.
  3. Ade Kurniawan, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015): Dosen CPNS UIN Yogyakarta.
  4. Idawati Supu, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2011): Dosen CPNS Universitas Negeri Gorontalo.
  5. Made Dirgantara, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2015): Dosen CPNS Universitas Palangkaraya.
  6. Gusti Putu Agus, M.Si (Alumni Biofisika Angkatan 2013): Dosen CPNS Universitas Papua.

Keren !!! Anak S1 Fisika IPB Publikasi di Jurnal Internasional

Dua orang Mahasiswa Fisika IPB angkatan 2014, Salahuddin Perdana (lulus) dan Muhammad Sandy Gunawan terlibat aktif dalam publikasi ilmiah berjudul : A Molecular Interaction Analysis Reveals The Possible Roles of Graphene Oxide in a Glucose Biosensor  yang diterbitkan dalam Jurnal Biosensors (Katagori Q1 Scopus di bidang Clinical Biochemistry) pada edisi Januari 2019. Kedua Mahasiswa tersebut terlibat aktif dalam Tim Penelitian Carbon Quantum Dot Fisika IPB yang dibiayai Kemenristekdikti dan diketuai oleh Dr. Tony Sumaryada. Pengalaman publikasi menjadi modal yang sangat penting terutama jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Link publikasi di : https://doi.org/10.3390/bios9010018

   

Salahuddin Perdana dan Muhammad Sandy Gunawan

Sementara itu dua orang alumni Fisika IPB angkatan 2012, Siti Rohaeni dan Nurlia Eka Damayanti  bersama Dosen Pembimbingnya Dr. Tony Sumaryada dan Heriyanto Syafutra, M.Si juga baru saja mempublikasikan hasil penelitian terkait riset mereka saat S1 di Fisika IPB. Publikasi mereka berjudul : Simulating The Performance Of Al0.3Ga0.7As/InP/Ge Multi-junction Solar Cells Under Variation of Spectral Irradiance and Temperature  yang diterbitkan pada Jurnal Internasional  Modelling and Simulation in Engineering edisi Februari 2019.

  

Siti Rohaeni dan Nurlia Eka Damayanti

link publikasi di :   https://doi.org/10.1155/2019/5090981 

 

 

 

 

Jalan-jalan ke Thailand belajar Nuklir, GRATIS, Mau ??? Yuk daftar ke Fisika IPB

Dua orang Mahasiswa/i Fisika IPB angkatan 2015, Andam Sofi Astarina dan Nurdiansyah berkesempatan untuk mengikuti 7th ASEAN Synchrotron Science Camp di Synshrotron Light Research Institute di Nakhon Ratchasina Thailand tanggal 27 hingga 30 November 2018.  Dalam Acara ini mereka mempelajari teori dan aplikasi radiasi synchrotron untuk penetuan struktur biomolekul, aplikasi kesehatan, karakterisasi material dan lain-lain. Andam dan Nurdin bersama sekitar 15 orang mahasiswa Indonesia lainnya berhasil lolos seleksi dan mewakili Indonesia untuk mengikuti Kegiatan tahunan ASEAN ini. Berikut beberapa foto kegiatan mereka.

Wow…! Dosen Fisika IPB raih Penghargaan Internasional L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences

Dosen Departemen Fisika IPB, Dr. Yessie Widya Sari berhasil menorehkan prestasi gemilang sebagai Juara 1 pada  L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences untuk Kategori Peneliti Wanita terbaik dalam Bidang Life Sciences.

Penelitian yang akan dilakukan Dr. Yessie terkait kemasan makanan berbasis bioplastik yang memberikan solusi pada masalah perekonomian petani, pencemaran lingkungan, serta potensial menghasilkan profit ekonomi yang besar.

Jempolan….Mahasiswa Fisika IPB Juara lagi

Prestasi gemilang diraih oleh Mahasiswa/Mahasiswi Departemen Fisika (Sejahtera Ahmad, Siti Afraghassani, dan Sri Ambar Wulan) yang sukses merebut Juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional pada acara Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) yang diadakan tanggal 17-21 Oktober 2018 di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan. Prestasi ini menambah deretan prestasi yang telah ditorehkan Mahasiswa Fisika IPB

Prestasi lainnya adalah Mahasiswa Fisika IPB ( Gito Heryan, Dara Mariesta, dan Arief) berhasil merebut Juara ketiga pada lomba Chemical Engineering Paper Competition yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang pada tanggal 16-17 November 2018.

 

 

Wuih…Fisika IPB Mengadakan Kuliah Tamu dari Mancanegara

Pada tanggal 26 Oktober 2018, Departemen Fisika IPB mengadakan Kuliah tamu yang menghadirkan Prof. Dr. Kiattawee Choowongkomon dari Departemen Biokimia Kasetsart University. Prof Kiattawee dalam presentasinya menampilkan riset-riset terkini beliau dalam bidang molecular docking serta promosi program Pasca Sarjana (S2 dan S3) di Grup riset beliau. Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 an mahasiswa Fisika IPB yang memiliki minat yang kuat di bidang biofisika dan biokimia fisik.

Fisika IPB presentasikan 8 Makalah di The 5th International Seminar on Sciences

Pada tanggal 25 Oktober 2018, FMIPA IPB mengadakan The 5th International Seminar on Sciences. Acara ini merupakan seminar internasional tahunan yang diselenggarakan oleh FMIPA IPB. Beberapa Pembicara Tamu yang diundang antara lain : Dr Alan Spesa dari Swansea University, Dr. Susumu Uchiyama (Osaka University), Dr. Kiattawee Choowongkomon (Kasetsart University), Indra Utoyo (BRI), Prof. Suharsono (Biology IPB), Delphine Clara Zemp (Gottingen University), dan lain lain. Dari Departemen Fisika IPB tercatat terdapat 8 Makalah paper yang ditampilkan pada seminar tersebut. Makalah-makalah tersebut setelah direview  rencananya akan diterbitkan pada prosiding dan jurnal  terindeks scopus.

 

Physics Expo 2018 : Understanding Physics for Future Technology

Departemen Fisika IPB yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Fisika (HIMAFI IPB) mengadadakan kegiatan rutin tahunan Physics Expo 2018 yang mengambil Tema: Understanding Physics for Future Technology. Beberapa kegiatan dalam rangkaian acara tersebut antara lain, Physics Camp, Workshop dan lomba Robotik, Physics Talk, Jawara Fisika, Workshop Seismology dan Geothermal. Acara ini secara total diikuti lebih ari 300 peserta siswa siswa SMA di daerah Jabodetabek

 

Ketua Departemen Fisika (Dr. Akhiruddin Maddu) dan enterpreneur robotic alumni fisika (Dr. Mamat Rahmat dan Khairul Anam)  berfoto bersama Rektor IPB, Bapak Dr. Arif Satria, SP, M.Si di Stand Departemen Fisika