Keren !!! Anak S1 Fisika IPB Publikasi di Jurnal Internasional

Dua orang Mahasiswa Fisika IPB angkatan 2014, Salahuddin Perdana (lulus) dan Muhammad Sandy Gunawan terlibat aktif dalam publikasi ilmiah berjudul : A Molecular Interaction Analysis Reveals The Possible Roles of Graphene Oxide in a Glucose Biosensor  yang diterbitkan dalam Jurnal Biosensors (Katagori Q1 Scopus di bidang Clinical Biochemistry) pada edisi Januari 2019. Kedua Mahasiswa tersebut terlibat aktif dalam Tim Penelitian Carbon Quantum Dot Fisika IPB yang dibiayai Kemenristekdikti dan diketuai oleh Dr. Tony Sumaryada. Pengalaman publikasi menjadi modal yang sangat penting terutama jika ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Link publikasi di : https://doi.org/10.3390/bios9010018

   

Salahuddin Perdana dan Muhammad Sandy Gunawan

Sementara itu dua orang alumni Fisika IPB angkatan 2012, Siti Rohaeni dan Nurlia Eka Damayanti  bersama Dosen Pembimbingnya Dr. Tony Sumaryada dan Heriyanto Syafutra, M.Si juga baru saja mempublikasikan hasil penelitian terkait riset mereka saat S1 di Fisika IPB. Publikasi mereka berjudul : Simulating The Performance Of Al0.3Ga0.7As/InP/Ge Multi-junction Solar Cells Under Variation of Spectral Irradiance and Temperature  yang diterbitkan pada Jurnal Internasional  Modelling and Simulation in Engineering edisi Februari 2019.

  

Siti Rohaeni dan Nurlia Eka Damayanti

link publikasi di :   https://doi.org/10.1155/2019/5090981 

 

 

 

 

Jalan-jalan ke Thailand belajar Nuklir, GRATIS, Mau ??? Yuk daftar ke Fisika IPB

Dua orang Mahasiswa/i Fisika IPB angkatan 2015, Andam Sofi Astarina dan Nurdiansyah berkesempatan untuk mengikuti 7th ASEAN Synchrotron Science Camp di Synshrotron Light Research Institute di Nakhon Ratchasina Thailand tanggal 27 hingga 30 November 2018.  Dalam Acara ini mereka mempelajari teori dan aplikasi radiasi synchrotron untuk penetuan struktur biomolekul, aplikasi kesehatan, karakterisasi material dan lain-lain. Andam dan Nurdin bersama sekitar 15 orang mahasiswa Indonesia lainnya berhasil lolos seleksi dan mewakili Indonesia untuk mengikuti Kegiatan tahunan ASEAN ini. Berikut beberapa foto kegiatan mereka.

Mantul bro (mantap betul), Anak Fisika IPB Juara lagi, hadiahnya guede banget!

Mahasiswa Fisika angkatan 2016, Sri Ambar Wulan bersama rekannya dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (Shidiq Lanang Prasetiyo, dari Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perairan Angkatan 2015) berhasil menjadi Juara 1 dan memperoleh hadiah sebesar 30 Juta rupiah pada lomba Innovation Challenge yang diselenggarakan oleh Innovation Factory dan NTUitive. Lomba ini bertujuan untuk mencari Inovasi untuk Atasi Kerugian Pasca-Panen Ikan Segar di Indonesia Permasalahan pasca-panen ikan yang berdampak pada rantai pasokan pangan adalah salah satu kesulitan besar yang dihadapi negara-negara berkembang di dunia, termasuk di Indonesia. Untuk mengatasi permasalahan pasca-panen ikan segar di Indonesia, GAIN (Global Alliance for Nutrition) , lewat program I-PLAN (Indonesia-Postharvest Loss Alliance for Nutrition), bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan serta dengan didukung penuh oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia, mengadakan program kompetisi tingkat nasional bertajuk “Innovation Challenge”. IPLAN mencari 10 finalis yang memiliki ide teknologi atau inovasi baru yang dapat diadopsi oleh pelaku rantai pasokan lokal dengan tujuan untuk mengurangi Post-Harvest Loss (PHL) ikan laut segar di sepanjang rantai pasokan, yang terdiri dari beberapa titik kritis seperti di

  1. Tempat pendaratan ikan
  2. Transportasi dan distribusi (termasuk pedagang ikan dan sayur-sayuran keliling)
  3. Pengecer di pasar termasuk penjual pinggir jalan
  4. Sistem penyimpanan kecil (Small storage system)
  5. Bahan alternatif pengganti es

Sri Ambar Wulan bersama rekannya mengajukan metode penyimpanan ikan menggunakan material maju yang bernama PCMs (Phase Change Materials). Material ini membutuhkan energy (kalor) yang besar untuk berubah fasa, sehingga ketika ditempatkan dalam wadah penyimpanan ikan akan menyerap banyak kalor dan berfungsi sebagai pendingin ruangan pada wadah penyimpanan ikan.

Hadiah yang diperoleh sebesar 30 Juta akan digunakan untuk inisiasi riset PCMs untuk Fish Storage System.

Wow…! Dosen Fisika IPB raih Penghargaan Internasional L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences

Dosen Departemen Fisika IPB, Dr. Yessie Widya Sari berhasil menorehkan prestasi gemilang sebagai Juara 1 pada  L’Oreal – UNESCO For Women in Sciences untuk Kategori Peneliti Wanita terbaik dalam Bidang Life Sciences.

Penelitian yang akan dilakukan Dr. Yessie terkait kemasan makanan berbasis bioplastik yang memberikan solusi pada masalah perekonomian petani, pencemaran lingkungan, serta potensial menghasilkan profit ekonomi yang besar.

Jempolan….Mahasiswa Fisika IPB Juara lagi

Prestasi gemilang diraih oleh Mahasiswa/Mahasiswi Departemen Fisika (Sejahtera Ahmad, Siti Afraghassani, dan Sri Ambar Wulan) yang sukses merebut Juara 2 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional pada acara Pekan Ilmiah dan Kreativitas Remaja (PIKIR) yang diadakan tanggal 17-21 Oktober 2018 di Universitas Muhammadiyah Makassar Sulawesi Selatan. Prestasi ini menambah deretan prestasi yang telah ditorehkan Mahasiswa Fisika IPB

Prestasi lainnya adalah Mahasiswa Fisika IPB ( Gito Heryan, Dara Mariesta, dan Arief) berhasil merebut Juara ketiga pada lomba Chemical Engineering Paper Competition yang diadakan oleh Universitas Negeri Semarang pada tanggal 16-17 November 2018.

 

 

Wuih…Fisika IPB Mengadakan Kuliah Tamu dari Mancanegara

Pada tanggal 26 Oktober 2018, Departemen Fisika IPB mengadakan Kuliah tamu yang menghadirkan Prof. Dr. Kiattawee Choowongkomon dari Departemen Biokimia Kasetsart University. Prof Kiattawee dalam presentasinya menampilkan riset-riset terkini beliau dalam bidang molecular docking serta promosi program Pasca Sarjana (S2 dan S3) di Grup riset beliau. Acara ini dihadiri oleh sekitar 30 an mahasiswa Fisika IPB yang memiliki minat yang kuat di bidang biofisika dan biokimia fisik.

Fisika IPB presentasikan 8 Makalah di The 5th International Seminar on Sciences

Pada tanggal 25 Oktober 2018, FMIPA IPB mengadakan The 5th International Seminar on Sciences. Acara ini merupakan seminar internasional tahunan yang diselenggarakan oleh FMIPA IPB. Beberapa Pembicara Tamu yang diundang antara lain : Dr Alan Spesa dari Swansea University, Dr. Susumu Uchiyama (Osaka University), Dr. Kiattawee Choowongkomon (Kasetsart University), Indra Utoyo (BRI), Prof. Suharsono (Biology IPB), Delphine Clara Zemp (Gottingen University), dan lain lain. Dari Departemen Fisika IPB tercatat terdapat 8 Makalah paper yang ditampilkan pada seminar tersebut. Makalah-makalah tersebut setelah direview  rencananya akan diterbitkan pada prosiding dan jurnal  terindeks scopus.

 

Musyawarah Besar Alumni Fisika IPB

Pada tanggal 14 Oktober 2018, Himpunan Alumni Fisika IPB (HAFI) mengadakan Musyawarah Besar yang pertama. Sejak tahun 1997 hingga saat ini terdapat lebih dari 800-an alumni Program Studi Fisika IPB yang telah berkiprah mantap dan keren di masyarakat dalam berbagai bidang. Melalui Musyawarah ini diharapkan para alumni dapat bersinergi dengan Departemen Fisika IPB serta mahasiswa aktif untuk merencanakan program dan kegiatan bersama untuk meningkatkan kiprah Fisika IPB di masyarakat luas. Pada Musyawarah Besar HAFI yang dihadiri oleh sekitar 100 an alumni ini juga dilakukan pemilihan Ketua HAFI, terpilih Cucu Sukmaya sebagai ketua HAFI yang baru.

Mantap…! Departemen Fisika IPB Mengadakan Pelatihan Teknologi Zaman Tomorrow (Non Destructive Test Workshop)

Pada Tanggal 29-30 September 2018, Departemen Fisika IPB bekerjasama dengan PT. Intergy Global Forma dan PT. NDT Instruments mengadakan Workshop mengenai pengujian tak merusak (Non Destructive Testing). Metode NDT saat ini sangat penting dalam dunia industri (pangan, manufaktur, otomotif, semuanya aja deh…) karena mampu menguji kualitas produk tanpa harus menyentuh ataupun merusak material yang diuji. Pengujian NDT umumnya berbasis radiasi sehingga diperlukan keahlian khusus yang belum banyak dimiliki tenaga ahli di Indonesia. Acara ini tentu saja akan meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa Fisika IPB dalam menyambut zaman tomorrow.

Top Markotop Bro…Fisika IPB Pamer Produk di IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO

Departemen Fisika diundang dalam Pameran Inovasi IPB (IPB INNOVATION & ENTREPRENEURSHIP EXPO) pada tanggal 25 September 2018. Acara ini menampilkan berbagai produk dari Unit-Unit di IPB serta para enterpreneurs alumni IPB. Dalam acara tersebut Departemen Fisika IPB menampilkan dua produk kepakarannya yaitu : Robotika dan Helm komposit berbasis Sawit. Produk Robotika merupakan produk dari PRC (Physics Research Club) yaitu kelompok peminatan Instrumentasi elektronik, kontrol dan sensor dari Himpunan Mahasiswa Fisika IPB. Sedangkan produk Helm komposit (Green Composite helm) merupakan hasil dari riset kepakaran dari Dr. Siti Nikmatin dari Departemen Fisika IPB yang memadukan material polimer dengan nanopartikel dari tandan kosong kelapa sawit.